Politik

Ini 5 Partai Terkaya Versi Persepsi Publik

Ilustrasi partai terkaya di Indonesia. (sumber;internet)

IDNJurnal - Ada 14 partai yang sudah terdaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejauh ini. Partai-partai tersebut kini berbondong-bondong mencari perhatian publik. Masyarakat juga sudah bisa menilai seperti apa kualitas partai tersebut, termasuk seberapa kaya partai tersebut.

Berdasarkan hasil riset Lembaga Survei Cyrus Network, partai terkaya yaitu Partai Perindo. Survei ini dilakukan kepada 1.230 responden mulai 27 Maret lalu hingga 3 April 2018. Beberapa pertanyaan diajukan, termasuk mengenai parpol yang memiliki banyak uang untuk Pemilu 2019.

Berikut 5 partai politik yang menurut masyarakat paling kaya, berdasarkan survei Cyrus Network:

1. Partai Perindo


Partai Perindo (Partai Persatuan Indonesia) memiliki tingkat kekayaan sebesar 21,2 persen. Partai besutan Hary Tanoesoedibjo, pengusaha dan pemilik MNC Group deklarasikan pada 7 Februari 2015. Awalnya Perindo adalah ormas yang baru dideklarasikan pada 24 Februari 2013 di Istora Senayan, Jakarta.

2. PDI Perjuangan


Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) memiliki tingkat kekayaan sebesar 17,8 persen. Partai yang dideklarasikan pada 11 January 1973 menjadi partai tertua di Indonesia yang sering mengikuti pemilu. Lahirnya PDI-P dapat dikaitkan dengan peristiwa 27 Juli 1996. Dampak politik dari peristiwa ini adalah tampilnya Megawati Soekarnoputri di kancah perpolitikan nasional.

3.Partai Golkar


Tingkat kekayaan Partai Golkar berada di posisi ketiga dengan 12,6 persen. Golkar juga menjadi salah satu partai tertua kedua di Indonesia, yang pernah dijabat Soeharto, Presiden RI ke 2.

Partai Golkar bermula dengan berdirinya Sekber (Sekretariat Bersama Golongan Karya) Golkar pada masa-masa akhir pemerintahan Presiden Soekarno, tepatnya 1964 oleh Angkatan Darat untuk menandingi pengaruh Partai Komunis Indonesia dalam kehidupan politik. Dalam perkembangannya, Sekber Golkar berubah wujud menjadi Golongan Karya yang menjadi salah satu organisasi peserta Pemilu.

4.Partai Gerindra


Partai Gerindra menjadi partai terkaya keempat sebesar 7,0 persen. Partai ini yang didirikan pada 6 Februari 2008 diketuai oleh Letnan Jenderal TNI (Purn) H. Prabowo Subianto.

Pengurus dan aktivis partai ini dicirikan dengan pakaian safari lengan pendek dan panjang, serta kopiah hitam. Inspirasi nama Gerindra berasal dari nama partai lama, Perindra, yang merupakan pemberian langsung dari Presiden Soekarno.

5. Partai Demokrat


Partai Demokrat menjadi partai terkaya ke lima dengan 2,4 persen. Partai Demokrat adalah sebuah partai politik Indonesia yang didirikan pada 9 September 2001 dan disahkan pada 27 Agustus 2003. Pendirian partai ini erat kaitannya dengan niat untuk membawa Susilo Bambang Yudhoyono, yang kala itu menjadi Menteri Koordinator bidang Politik dan Keamanan di bawah Presiden Megawati, menjadi presiden. Karena hal inilah, Partai Demokrat terkait kuat dengan figur Yudhoyono.

Pada Kongres IV Partai Demokrat yang diadakan di Hotel Shangri-La, Surabaya, 12 Mei 2015, Susilo Bambang Yudhoyono kembali terpilih menjadi Ketua Umum untuk periode 2015-2020.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...