Lingkungan

Ada 120 Bank Sampah, Pemko Bersama Unilak Sepakat Sampah Dijadikan Uang

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal mengembangkan bank sampah. Pemko menjalin kerjasama dengan Universitas Lancang Kuning (Unilak).

"Kerjasama yang terjalin bakal berlanjut, tahun ini juga berlanjut dalam pengembangan Bank Sampah di Rumbai," kata Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT, Rabu (3/2/2021).

Pengembangan ini mengedepankan edukasi yang menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Selain itu, pengelola sampah domestik nantinya menjadi barang bernilai ekonomi.

Sejauh ini, bank sampah dalam pembinaan DLHK dan Remaja Masjid ada 120 bank sampah. "Di sekolah, SD dan SMP jumlahnya juga 100 bank sampah. Lalu akan terus bertambah, maka dilakukan edukasi dalam membina pengelola bank sampah," jelasnya.

Pemko menggandeng perguruan tinggi agar siap mengoptimalkan bank sampah. "Sampah sebenarnya bisa diolah menjadi barang bernilai ekonomi, maka setiap rumah tangga mulai memilah sampah domestik," jelasnya.

Walikota juga mengajak masyarakat mulai memilah sampah. "Manfaatkan sampah yang bisa didaur ulang, agar tidak dibuang begitu saja," kata Walikota.

Sementara itu, Kabag Pengabdian LPPM Unilak Jeni Wardi berharap sinergi antara Universitas Lancang Kuning dengan Pemko Pekanbaru semakin erat. Mereka dari kalangan akademisi siap berkontribusi lewat pengabdian masyarakat.

"Ini tindak lanjut peluncuran bank sampah di Rumbai beberapa waktu lalu," kata dia.

Unilak nantinya membantu pengelolaan bank sampah di Pemko. "Kita berupaya bank sampah ikut menanggulangi dan melestarikan lingkungan," jelasnya.

Ada empat distrik bank sampah di bawah pengelolaan Unilak. Bank Sampah Berkah Abadi, Bank Sampah di Minas, Siak dan Duri. "Jadi kita berupaya agar pengelolaannya ditingkatkan, apalagi masalah sampah ini masalah kita bersama," jelasnya.

Kata dia, Unilak siap memotori bank sampah di sejumlah RW. "Kita akan berupaya mengoptimalkan bank sampah membantu permasalahan sampah di kota," jelasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...