News

Jadi Penyebab Pendangkalan dan Banjir, Bangunan di Bantaran Sungai Sail Bakal Dibongkar

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan membongkar bangunan liar di tiga lokasi di hilir Sungai Sail. Sebab, terjadi penyempitan yang mengakibatkan banjir.

Walikota Pekanbaru Dr Firdaus MT mengatakan, bangunan di bantaran Sungai Sail tidak bisa ditolerir. Bangunan di bantaran sungai itu jelas menyalahi garis sempadan sungai (GSS).

"Ada bangunan diduga memperkecil lebar sungai. Padahal, Garis Sempadan Sungai (GSS) telah diatur oleh pemerintah," kata Walikota, Senin (26/4/2021). 

Lanjutnya, dari hasil rapat evaluasi, normalisasi Sungai Sail harus dilakukan. Berapa pun biayanya, kata Walikota harus dibayar. 

"Kami akan membongkar jembatan yang tiangnya di tengah Sungai dan banyak tiangnya lagi. Saya sudah perintahkan Dinas PUPR membongkar jembatan itu," sebutnya. 

Rumah-rumah yang dibangun di bantaran Sungai Sail juga harus ditertibkan. Rumah itu harus dibongkar dan penghuninya diberi sagu hati.

"Dinas PUPR yang melakukan eksekusi bangunan itu. Saya minta Kepala Dinas PUPR Indra Pomi bekerja dahulu di lapangan," tegasnya. 

Jika ada kendala di lapangan, maka Pemko Pekanbaru akan menggelar rapat dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan turun ke lokasi. 

Ini bentuk antisipasi untuk semua kejadian dalam mengatasi banjir di saat hujan dengan intensitas tinggi di Pekanbaru.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...