News

Virus Covid-19 Varian Delta Ditemukan di Riau, Menkes Desak Tingkatkan Prokes

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin

JAKARTA - Meski tidak mengungkap secara detail berapa jumlah korban yang dinyatakan telah terpapar virus Covid-19 varian Delta, namun Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, memastikan bahwa virus Covid-19 varian mematikan itu telah ditemukan bermutasi di Provinsi Riau. Sehingga masyarakat di Provinsi Riau, didesak untuk meningkatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan (Prokes).

"Virus varian Delta ini ditemukan di Riau pada Bulan Mei kemarin, karenanya masyarakat terus kita desak untuk meningkatkan kedisiplinan terhadap protokol kesehatan," ujarnya kepada pewarta saat di konfirmasi usai mengikuti rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI dan Menteri Keuangan RI di Gedung Parlemen Senayan, Senin (5/7/2021).

Dijelaskannya, selain itu Kemenkes bersama Dinas Kesehatan di Provinsi Riau, saat ini juga tengah melakukan pemetaan yang ketat atau genome sequencing terhadap mutasi virus Covid-19 varian Delta tersebut di Provinsi Riau.

"WHO menyatakan varian ini varian berbahaya itu tanggal 11 Mei, kemudian mulai memperketat genome sequencing kita di daerah-daerah di mana varian Delta sudah masuk," jelasnya.

Ia menuturkan, selain di Pulau Jawa dan Bali. Virus Covid-19 varian Delta itu juga ditemukan di Pulau Kalimantan yaitu Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur. Kemudian lima provinsi di Pulau Sumatera masing-masing Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Riau, Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...