Lingkungan

Meski Hujan, 17 Hotspot Terpantau di Riau

Ilustrasi.(sumber;internet)

PEKANBARU - Meski dalam beberapa hari ini Riau diguyur hujan, namun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) masih mencatat adanya titik panas atau hotspot di beberapa wilayah di Bumi Lancang Kuning.

"Hari ini ada 17 titik panas terpantau di Riau. Jumlahnya lebih banyak dibandingkan dengan hari sebelumnya," ujar Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Sanya Gautami, Selasa (3/8/2021).

Ia mengatakan 17 titik panas tersebar di 5 wilayah dengan sebaran terbanyak berada di Kabupaten Rokan Hilir yakni sebanyak 9 titik. 

"Selanjutnya di Kabupaten Rokan Hulu sebanyak 4 titik, Kabupaten Siak sebanyak 2 titik, Kampar serta Indragiri Hilir masing-masing 1 titik," sebutnya.

Dikatakan Sanya, adapun untuk 17 titik panas tersebut seluruhnya berada di level sedang. Hal ini bisa diartikan di wilayah tersebut belum bisa dipastikan ada aktivitas kebakaran hutan dan lahan.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," imbaunya.

Sebelumnya, Sanya mengatakan untuk hari ini hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi mengguyur Riau. Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur sore hingga dini hari.

"Namun hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau," ujar Sanya.

Ia mengatakan pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu dan Bengkalis. "Untuk siang hari cuaca cerah berawan, tak ada potensi hujan," sebutnya.

Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Siak, Kepulauan Meranti, Kota Pekanbaru, Kuantan Singingi, Pelalawan, dan Kabupaten Bengkalis.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Siak, Kota Dumai dan Kabupaten Kepulauan Meranti," jelasnya.

Lanjut Sanya, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. "Yang dapat terjadi di wilayah Kabupaten Siak, Bengkalis, Rokan Hilir, dan Kabupaten Kampar pada malam atau dini hari," sebutnya.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 58 – 98%. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.5 – 1.25 m (Rendah).*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...