News

Audiensi dengan DKKP, Pj Walikota Harap Pekanbaru Jadi Kota BerMelayu

PEKANBARU - Sebagai Kota Metropolitan yang tubuh, Kota Pekanbaru mulai kehilangan jati diri Melayu-nya. Hal tersebut yang mendorong Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP menghidupkan kembali jati diri sebagai kota berbudaya Melayu di Kota Pekanbaru. Baik dalam bermasyarakat, infrastruktur hingga kesenian. Untuk mewujudkan hal tersebut, mantan Camat Sukajadi ini mengajak Dewan Kesenian Kota Pekanbaru (DKKP) untuk ikut andil. 

"Sebagai anak pekan, saya sedih karena kita tidak memiliki jati diri sebagai kota yang berbudaya Melayu. Tidak ada ciri khas yang menunjukkan hal tersebut, baik lagu, tradisi dan lainnya. Padahal, dengan hal tersebut Kota Pekanbaru bisa dikenal secara luas layaknya kota-kota lainnya. Kehadiran DKKP ini waktu yang tepat dan pas. Dengan dukungan dan semangat Anak Pekan, kita harapkan ada buah karya dari DKKP ini untuk Pekanbaru kedepannya," ujar Muflihun saat menemui perwakilan DKKP di ruang kerjanya, Senin (24/10/2022). 

Dalam pertemuan yang dihadiri Ketua DKKP, Fedli Aziz serta pengurus lainnya, Muflihun bercerita tentang cita-citanya tersebut. Disebutnya bukan tanpa alasan, dengan adanya ciri khas akan mengundang wisatawan hadir di Kota Pekanbaru. Dengan begitu, secara ekonomi Kota Pekanbaru akan meningkat, baik okupasi hotel dan penginapan, UMKM, kerajinan, hingga seniman dan masyarakat itu sendiri. Untuk itu, Muflihun meminta DKKP untuk mengagas sebuah iven berslkala Nasional yang bisa mengundang orang banyak hadir dan meramaikan Kota Pekanbaru. 

Terkait hal tersebut, Ketua DKKP Fedli mengaku bahwa organisasi yang dipimpinnya ini sudah memiliki program yang dimaksud. Hanya saja, perlu penajaman dalam beberapa aspek, terutama dukungan dari pemerintah. Bahkan, Fedli mengaku beberapa anggota DKKP yang terdiri dari seniman teater, tari, seni rupa, musik hingga seni kontemporer dan digital sudah terbiasa mengikuti bahkan mengagas ivent-ivent nasional maupun internasional. 

"Pada dasarnya keinginan dan cita-cita bapak Penjabat Walikota Pekanbaru juga menjadi cita-cita dan keinginan kami. Dengan dukungan dan tantangan yang diberikan, kami nyatakan siap untuk itu. Semoga hubungan baik dan perhatian bapak Penjabat Walikota Pekanbaru dengan kesenian dan kebudayaan di Kota Pekanbaru ini terus terjalin sehingga cita-cita kita bersama terwujud," harap Fedli.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...