Hukrim

Duit Suap PLTU-1 Riau Buat Munaslub Golkar, Ini Kata Akbar Tandjung

Akbar tanjung. (sumber;internet)

JAKARTA - Politikus senior Golkar Akbar Tanjung angkat bicara soal dugaan uang suap PLTU Riau yang mengalir ke kas partainya. Akbar menyebut oknum yang melakukan tindakan itu harus disanksi tegas.

"Kalau memang itu bisa dibuktikan mempunyai kaitan dengan partai Golkar atau juga masuk kepada kas partai Golkar ini juga akan menjadi suatu pelajaran yang sangat penting bagi Partai Golkar. Pelajaran penting itu harus direspons dengan adanya suatu tindakan yang sungguh-sungguh di internal Partai Golkar untuk melakukan tindakan yang bersifat sanksi kepada mereka yang melakukan tindakan itu," kata Akbar, Selasa (28/8/2018).

Meski begitu Akbar menjamin tak ada kesepakatan partai untuk melakukan tindakan itu. Jika dugaan itu benar, menurut Akbar, hal itu merupakan tindakan perorangan.

"Institusinya tidak mungkin kami salahkan. Tidak ada insititusi yang secara resmi sepakat untuk melakukan korupsi. Tindakan pasti orang per orang yang kebetulan sebagian besar adalah mereka Golkar," imbuhnya.

Sebelumnya tersangka KPK, Eni Maulani Saragih membenarkan adanya aliran duit dari tersangka lainnya Johannes B Kotjo ke Munaslub Golkar. Namun Eni tak menjelaskan secara terperinci siapa yang memerintahkan dirinya meminta duit Rp 2 miliar kepada Johannes B Kotjo.

"Yang pasti tadi ada ya, mungkin saya terima Rp 2 miliar itu saya terima ada sebagian ke saya ini kan untuk Munaslub Golkar," kata Eni setelah diperiksa di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Senin (27/8).

Atas tudingan Eni tersebut, Sekjen Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengatakan partainya siap diaudit. Ia mempersilakan sumber dana munaslub Partai Golkar untuk diperiksa.

"Pastilah kalau itu (siap diaudit), orang mengecek apakah ada atau tidaknya. Namanya munaslub itu sumber anggaran pasti. Kita berdasarkan AD/ART, yang mengatur itu, ya dari iuran anggota itu. Mana kala ada oknum yang bermain, itu kami mau ngecek apakah ada oknum itu," kata Lodewijk di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/8).*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...