News

Mulai Besok Calon PPK se-Riau Ikuti Ujian CAT

Ilustrasi (sumber:Internet)

PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau mencatat sebanyak 4.655 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Provinsi Riau lulus seleksi administrasi. Mulai besok, petugas adhoc di kecamatan ini akan mengikuti Tes Computer Assisted Test (CAT).

"Selasa dan Rabu. Ada 75 soal yang harus dikerjakan peserta dalam tes ini yang merupakan rumusan KPU RI," kata Ketua Divisi SDM KPU Provinsi Riau Nugroho Noto Susanto, Senin (5/12/2022).

Ia menambahkan, dari 4.655 orang peserta tersebut, 3.192 di antaranya pelamar laki-laki, dan 1.463 pelamar perempuan. Jika dipersentase, maka pelamar laki-laki yang lulus administrasi sebanyak 69 persen, dan pelamar perempuan sebanyak 31 persen.

Nugroho menjelaskan, ada 75 butir soal yang akan diberikan kepada peserta untuk dijawab. Soal tersebut didistribusikan oleh KPU RI melalui admin SIAKBA KPU Provinsi dengan berbasis teknologi.

"Kemudian Admin SIAKBA KPU Provinsi akan membuka akses kepada Admin SIAKBA KPU kabupaten/jota se-Provinsi Riau. Soal akan dibuka dengan sandi khusus yang hanya diketahui oleh admin SIAKBA di KPU Kab/Kota se-Indonesia, tak terkecuali di Provinsi Riau," kata dia.

Ia menegaskan, admin menandatangani pakta integritas untuk mengontrol kredibilitas admin terkait kerahasiaan soal. Selain Admin, tidak ada satu orang pun yang dapat mengakses sandi distribusi soal di setiap Satker KPU di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Soal didistribusikan 1 jam sebelum pelaksanaan ujian CAT dengan berbasis teknologi yang disetting dari KPU RI. Jadi dijamin tidak akan bocor," tegas Nugroho.

Nugroho juga menyebutkan, Minggu kemarin KPU Riau melakukan monitoring proses instalasi dan simulasi ujian CAT oleh KPU Pekanbaru yang berlokasi di Laboratorium Komputer Universitas Muhammadiyah Riau, Jalan Tuanku Tambusai Kota Pekanbaru.

"Hasil monitoring kami, pelaksanaan simulasi CAT berjalan baik," tegasnya.

Dia juga mengimbau kepada peserta ujian untuk mengikuti ujian dengan tertib, mengedepankan prinsip kejujuran dan kemandirian. Bagi yang belum menyerahkan berkas pendaftaran, pastikan dokumen fisik persyaratan saat pendaftaran dibawa ke lokasi CAT yang telah ditentukan oleh KPU kabupaten/kota.

Selain itu juga membawa KTP Elektronik, tanda bukti terdaftar, alat tulis sendiri, dan juga membawa masker untuk memenuhi protokol kesehatan.
"Kami mohon doanya, agar pelaksanaan tes tertulis melalui CAT untuk calon anggota PPK se-Riau dapat berjalan lancar," kata dia.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...