Hukrim

Israel 'Tembaki' Demonstran Palestina, Puluhan Orang Terluka

Polisi Israel tembaki para demonstran Palestina. (sumber;internet)

GAZA - Puluhan warga Palestina terluka akibat tembakan tentara-tentara Israel dalam bentrokan saat aksi demo di sepanjang perbatasan Gaza. 

Kementerian Kesehatan Gaza menyatakan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (5/5/2018), paramedis menangani 1.143 orang yang terluka, kebanyakan akibat menghirup gas air mata. Namun sebanyak 83 orang terluka akibat tembakan peluru pasukan Israel.

Insiden ini terjadi saat aksi demo warga Palestina pada Jumat (4/5/2018) waktu setempat, yang telah digelar tiap Jumat selama enam pekan terakhir. Hampir 50 demonstran telah tewas dalam bentrokan-bentrokan selama aksi-aksi demo tersebut.

Seperti dilaporkan kantor berita AFP, kepulan asap hitam membubung di atas sebuah kamp aksi demo di sebelah timur Kota Gaza, tempat para demonstran Palestina membakar ban, dengan setidaknya satu demonstran membawa sebuah bom Molotov. Setelah mendekati pagar perbatasan, para demonstran akan mundur seiring pasukan Israel melepaskan gas air mata.

Menurut juru bicara militer Israel, sejumlah demonstran melemparkan batu ke tentara-tentara Israel. Juga disebutkan ada upaya untuk menyabotase pagar perbatasan dan menyusup ke Israel.

Otoritas Israel menyatakan, pasukannya hanya melepaskan tembakan ketika diperlukan untuk mencegah infiltrasi, kerusakan pada pagar perbatasan dan serangan-serangan. Namun komunitas global menyebut Israel telah menggunakan kekerasan yang tidak perlu dalam menghadapi para demonstran.

Sebanyak 49 demonstran Palestina telah tewas akibat tembakan tentara-tentara Israel sejak aksi-aksi demo dan bentrokan terjadi di sepanjang perbatasan Gaza pada 30 Maret lalu. Ratusan orang lainnya telah terluka akibat tembakan peluru pasukan Israel. Aksi demo besar-besaran direncanakan untuk kembali digelar pada 14 Mei mendatang, ketika pemerintah AS memindahkan kedutaannya di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...