Trashod

Siapkan Pelayanan Terbaik Kepada Wisatawan, Dispar Riau Gelar Pembinaan Pelaku Kuliner

Beberapa Peserta Pelaku Usaha Kuliner saat foto bersama pada kegiatan Pembinaan Teknis Tenaga Profesional Pengusaha Kuliner, Rabu (18/4/2018) di Pekanbaru.

PEKANBARU - Sektor pariwisata, dewasa ini menjadi industri yang dikedepankan RI, termasuk Provinsi Riau.  Pertumbuhan sektor pariwisata di negeri yang dijuluki Bumi Lancang Kuning ini sangat besar, terlihat dari bergeliatnya pertumbuhan usaha kuliner yang menyajikan berbagai jenis ragam makanan dan minuman di restoran, rumah makan dan cafe. Hal ini sangat baik bagi perkembangan industri pariwisata, sebab kebutuhan akan makanan dan minuman mutlak diperlukan bagi wisatawan yang berkunjung ke Provinsi riau

Guna mendorong hal itu Dinas Pariwisata Provinsi Riau, menggelar kegiatan pembinaan/pelatihan teknis tenaga profesional pada usaha jasa makan dan minum, yang diikuti 30 orang peserta dari Kabupaten dan Kota di wilayah Provinsi Riau. Dilaksanakan di pekanbaru, pada Rabu (18/4/2018), yang dibuka oleh Kepala Bidang sumber daya pariwisata (SDP), Yul Achyar, dan menghadirkan narasumber yaitu, Kepala bidang pengembangan masyarakat pariwisata Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Dra Ambar Rukmi M.Pd, pengelola desa wisata Nglanggeran Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Sugeng Handoko, dan ketua kadin kota Pekanbaru, Yuyun Hidayat.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Fahmizal Usman, yang pada saat itu diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) SDP, Yul Achyar, mengatakan kegiatan pelatihan teknis tenaga profesional pada usaha jasa makan dan minum, dilaksanakan agar terciptanya pelayanan yang baik dan memuaskan dalam hal kualitas rasa makanan , hygines, serta penerapan sikap sapta pesona kepada konsumen agar dapat memberikan kesan yang mendalam kepada wisatawan.

“Berbicara mengenai pariwisata tidak bisa kita lepaskan dengan jasa usaha makanan dan minuman atau yang biasa kita sebut dengan istilah kuliner, sebab wisatawan yang berkunjung ke suatu daerah pasti memerlukan makan dan minum untuk kebutuhan energinya, disini peluang kita untuk membantu meningkatkan ekonomi daerah dari aktivitas belanja yang dilakukan wisatawan sehingga mampu membanti meningkatkan PAD,” kata Kabid SDP, Yul Achyar.

Dijelaskannya, sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan, ada terdapat 13 bidang usaha pariwisata yaitu, daya tarik wisata, kawasan pariwisata, jasa transportasi wisata, jasa perjalanan wisata, jasa makanan dan minuman, penyediaan akomodasi, dan penyelenggaraan kegiatan hiburan dan rekreasi, penyelenggaraan pertemuan, perjalanan insentif, konferensi, pameran, jasa informasi pariwisata, jasa konsultan pariwisata, jasa pramuwisata, wisata tirta dan usaha spa.

“Seluruh bidang usaha pariwisata tersebut harus memiliki standar usaha yang wajib diterapkan oleh usaha pariwisata yang di dalamnya mencakup aspek produk, pelayanan dan pengelolaan. Untuk itu langkah penting yang mesti dilakukan dalam menggali dan mendukung serta mengembangkan berbagai potensi kepariwisataan di Indonesia khususnya di Provinsi Riau, adalah bagaimana upaya kita bersama-sama meningkatkan segala potensi dan aspek pendukung lainnya terutama sumber daya manusianya, sebab yang terpenting dalam pengembangan pariwisata adalah tingginya kualitas SDM itu sendiri,” ujar Kabid Sumber Daya Pariwisata, Dinas Pariwisata Riau, Yul Achyar.

Pergerakan perekonomian masyarakat dapat dilihat dari aktivitas perdagangan yang muncul disekitar lokasi wisata, dan lapangan pekerjaan yang tercipta. Selain itu, perkembangan sosial, pengetahuan, serta teknologi masyarakat sekitar destinasi dapat terjadi seiring dengan dinamisnya pergerakan keluar masuknya pengunjung yang datang ke Provinsi Riau, dengan meningkatnya aktivitas kepariwisataan di suatu daerah diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitarnya.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...