News

1.053 Jamaah Calon Haji Pekanbaru Sudah Lunasi BPIH

Ilustrasi Jamaah Calon Haji. (sumber;internet)

PEKANBARU - Antusiasme Jamaah Calon Haji (JCH) asal Pekanbaru untuk dapat berangkat musim ini cukup besar. Hal tersebut terlihat dari jumlah JCH yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH). Total dari catatan Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru sudah 1.053 JCH 
melunasi BPIH tersebut. 

Tahap satu terdiri atas 942 orang dan 65 orang untuk tahap dua dan sisanya diisi cadangan. "Sampai batas waktu pelunasan masih banyak yang belum melengkapi biaya pemberangkatan tersebut," terang Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Pekanbaru Defizon, Jumat (1/6/2018).

Defizon menjelaskan bahwa untuk tahap satu masih terdapat 121 jamaah yang masih belum melunasi biaya pemberangkatan tersebut. Sedangkan untuk tahap kedua masih terdapat sekitar 13 jamaah juga. Hal ini berdampak kepada ratusan jamaah tersebut terpaksa diberikan sanksi berupa penundaan keberangkatan untuk tahun depan.

Lebih lanjut Defizon menjelaskan untuk pembayaran biaya tersebut bagi tahap satu ialah pada kurun waktu 16 April hingga 4 Mei 2018. Sedangkan untuk tahap keduanya ialah pada 16 Mei 2018 hingga 25 Mei 2018 mendatang. Jadwal tersebut berdasarkan edaran dari pemerintah pusat.

Ia menyayangkan bahwa masih terdapat jamaah yang masih belum melunasi biaya tersebut mengingat ribuan orang lainnya bahkan telah mengantre untuk dapat diberangkatkan sejak beberapa tahun lalu.

"Kan sayang juga, sudah susah-susah untuk bisa mendaftar, tahu-tahu terpaksa ditunda keberangkatannya akibat belum melunasi biaya," imbuhnya.

Ia merincikan, dari total 1.053 JCH tersebut terdapat 44 orang jamaah cadangan yang juga telah melunasi biaya pemberangkatan tersebut dan 12 diantaranya dinyatakan positif berangkat di 2018. Sebagai informasi, biaya pemberangkatan yang harus dilunasi para calon jamaah haji tersebut yaitu sebesar Rp32.456.450. Dikatakan Defizon bahwa jumlah tersebut sudah sesuai dengan ketentuan dari Kementerian Agama. Dengan rincian pembiayaan komponen penerbangan, pemondokan di Mekah, serta berbagai biaya yang diperlukan nantinya sebagai penunjang ibadah para jamaah.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...