News

Kabar Gembira, Rekrutmen CPNS 2018 Dibuka Juli

Ilustrasi tes CPNS. (sumber;internet)

JAKARTA - Kabar gembira bagi Anda para pencari kerja. Pada bulan Juli tahun 2018 pemerintah melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN) bakal menggelar rekrutmen untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Proporsi terbesar formasi CPNS tahun ini akan difokuskan untuk jabatan-jabatan teknis dan spesialis.

Mengutip situs Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, rekrutmen CPNS akan diprioritaskan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan, tenaga pendukung pembangunan infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi, serta ketahanan pangan. Hal itu dilakukan guna mendukung pembangunan daerah tertinggal, terluar, dan terdepan.

Spesialisasi keahlian dianggap penting mengingat perencanaan dan usulan aparatur sipil negara (ASN) baru harus difokuskan pada jabatan-jabatan spesifik sesuai core business instansi, arah pembangunan nasional/daerah, dan sasaran nawacita.Ragam strategi tersebut bertujuan untuk meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional. Untuk mendukung terciptanya birokrasi berkelas dunia tahun 2024, pemerintah menyelenggarakan program strategis yang dimulai dari perencanaan, rekrutmen dan seleksi, pengembangan kompetensi, hingga reformasi kesejahteraan.

Sebagai catatan, saat ini jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Nasional sudah mencapai lebih dari 4,3 juta orang, dengan proporsi terbesar selain guru adalah tenaga pelaksana atau administrasi, sebesar 1,6 juta atau sekitar 38%.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur sempat mengatakan bahwa Indonesia dan dunia tengah menghadapi perubahan cepat di era industri 4.0 yang dicirikan dengan dominannya peran mesin dan otomatisasi, serta terintegrasinya sistem komputasi dan jejaring dalam proses fisik.

Kebutuhan CPNS 2018

Pemerintah menyatakan, diperlukan ASN yang profesional, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, memiliki daya hospitality, entrepreneurship, dan networking, serta tentunya tetap harus memiliki rasa nasionalisme dan berintegritas.

Untuk itu, dalam pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CPNS harus berdasarkan 6 (enam) prinsip yakni kompetitif, adil, objektif, transparan, bersih dari prartik KKN serta tidak dipungut biaya.

Forum Konsultasi dan Validasi Usulan Kebutuhan PNS ini bertujuan untuk memastikan bahwa usulan Kebutuhan PNS pada Kementerian/Lembaga (K/L) tahun 2018 sudah sesuai dengan arah pembangunan nasional dan kebutuhan organisasi sehingga tidak terjadi mismatch.

Hingga saat ini Kementerian PAN-RB masih menyusun formasi yang sesuai untuk kebutuhan CPNS 2018. Jumlahnya sendiri sudah diajukan ke Kementerian Keuangan (kemenkeu). Namun berdasarkan data, jumlah pensiunan PNS pada tahun ini bakal mencapai angka 250 ribu orang.

Jumlah tersebut terbagi atas 38 ribu orang pegawai pemerintah pusat dan sisanya merupakan pegawai di daerah. Kementerian PAN-RB sendiri memproyeksikan bahwa jumlah pendaftar akan mencapai 60% hingga 70% dari total jumlah PNS pensiun.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...