Politik

Heboh! Pemko Pekanbaru Wajibkan ASN-nya Selfie Usai Pencoblosan

Ilustrasi Pilkada serentak 2018.(sumber;internet)

PEKANBARU - Pilkada serentak akan digelar 27 Juni mendatang. Mengantisipasi angka Golput (tidak memilih-red) di Kota Pekanbaru, Pemko Pekanbaru mengeluarkan surat himbauan agar ASN-nya menggunakan hak pilih mereka. Namun, keluarnya matlumat wajib yang ditandatangani Sekko Pekanbaru, M Noer ini justru heboh. Ada apa?

Dalam surat dengan nomor 800/BKPSDM-PKAP/1282 tertanggal 4 Juni 2018, disebutkan jika seluruh ASN wajib menggunakan hak pilihnya. Alasannya, Pemko Pekanbaru berharap persentase golput pada Pilwako tahun lalu sebesar 52 persen tidak terjadi lagi di Pilgubri 2018 ini. 

Namun bukan itu yang membuat heboh warga Pekanbaru yang kebetulan mendapatkan surat tersebut, melainkan ada poin ASN harus melaporkan kegiatannya serta melampirkan bukti berupa foto selfie didepan TPS lengkap dengan tanda tinta (bukti telah menggunakan hak pilih-red). 

Hal tersebut juga diakui SekKo Pekanbaru, M Noer, Jumat (22/6/2018). "Surat instruksi tersebut dikeluarkan menimbang rendahnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah sebelumnya. Kami tidak ingin hal tersebut kembali terjadi pada Pemilihan Gubernur Riau yang pelaksanaannya hanya tinggal beberapa hari saja," ujarnya. Hal yang ganjil lainya terdapat pada poin yang sama. Alih-alih tertulis Pilgubri tanggal 27 Juni 2018, justru tertulis 22 Juni 2018.

Ternyata, upaya yang sama juga dilakukan Kementrian Agama (Kemenag) Kota Pekanbaru. Melalui surat dengan nomor B-3306/Kk.04.5/BA.02.2/06/2018 tertanggal 21 Juni 2018 juga menginstruksikan seluruh pengurus masjid untuk menguumumkan dan mengajak jamaah ikut berpartisipasi dalam pilgubri akan datang. Surat tersebut ditandatangni Kepala Kemenang RI Kota Pekanbaru Edwar S Umar juga memiliki 3 poin. 

Semoga saja, upaya Pemko Pekanbaru ini meningkatkan partisipasi pemilih bisa berjalan baik ya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...