Dunia

Waktunya Ujian Sekolah, Aljazair Putus Internet dan Blokir Facebook

Ilustrasi media sosial. (sumber;internet)

ALJIR - Pemerintah Aljazair telah memutuskan jaringan internet di seluruh negeri itu untuk mencegah para siswa sekolah menengah di negara tersebut menyontek dalam musim ujian tahun ini.

Semua layanan internet, baik mobile maupun via kabel, dimatikan selama satu jam setelah ujian dimulai. Kebijakan mematikan internet ini berlangsung selama 20 - 25 Juni, masa ujian sekolah menengah di Aljazair.

Tak hanya internet, Menteri Pendidikan Aljazair Nouria Benghabrit juga mengatakan bahwa selama periode ujian, semua media sosial, termasuk Facebook diblokir.

Kebijakan ini diambil Aljazair setelah pada 2016 lalu soal-soal ujian sekolah menengah bocor dan tersebar luas di internet, demikian diwartakan BBC.

Selain memutus internet dan memblokir media sosial, pemerintah Aljazair juga melarang anak-anak sekolah dan para guru membawa perangkat elektronik seperti ponsel ke tempat-tempat ujian digelar.

Bahkan pemerintah memasang metal detector di setiap pintu masuk dari sekitar 2000 gedung yang menggelar ujian untuk para siswa sekolah menengah tersebut.

Pada tahun ini, lebih dari 700.000 siswa sekolah menengah di Aljazair akan mengikuti ujian. Hasil ujian itu sendiri akan diumumkan pada 22 Juli mendatang.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...