Food

Asbak dan Busa Pencuci Piring ini Bisa Dimakan, Mau Coba?

Kue berbentuk asbak rokok.

JAKARTA - Asbak maupun busa pencuci piring tentu identik dengan kotoran. Tapi bagaimana jika asbak dan pencuci ini bisa dimakan, mau mencobanya? 

Seorang juru masak sekaligus food illusionist asal London, bernama Ben Churchill berhasil merepresentasikan sesuatu yang dianggap biasa saja, menjadi sebuah karya seni yang indah dipandang mata sekaligus membuat decak kagum.

Bagaimana tidak, Ben diketahui berhasil membuat aneka hidangan yang bentuk visual desainnya disulap Ben menjadi bentuk yang menyerupai berbagai sesuatu yang tidak indah seperti asbak kotor lengkap dengan bekas puntung rokok, buah yang sudah busuk, belatung, cacing, hingga busa untuk mencuci piring.

Eits, jangan keburu jijik dulu dengan aneka hidangan makanan penutup karya Ben ini. Sebab, hidangan berbentuk “menjijikkan” tersebut nyatanya adalah sajian yang bisa dimakan alias edible dan punya cita rasa yang lezat.

Dalam membuat berbagai sajian dessert unik ini, Ben mengungkapkan fokus utamanya adalah bagaimana tetap mengacu pada tema namun rasanya juga harus lezat.

“Etos saya adalah bahwa makanan ini harus punya rasa yang lezat dan rasanya harus mengacu pada tema. Saya hanya merasa bosan dengan bentuk makanan penutup yang konvensional. Reaksi orang-orang melihat ‘makanan’ ini beragam, mulai dari kebingungan lalu tersenyum. Aku selalu membuat orang yang melihatnya menjadu berfikir, membuat mereka jadi terkejut malah terkadang jadi tidak bernafsu tapi selalu pada akhirnya mereka menikmati hidangan dessert ini,” ungkap Ben.

Lalu apakah berarti dessert yang hadir dalam bentuk seperti busa sikat pencuci piring rasanya akan aneh dan jauh dari kata enak? Tenang saja, karena dessert sponge berwarna hijau dan kuning lengkap dengan aksen busa-busa tersebut tidak akan punya rasa seperti yang ditakutkan, sebab “sponge pencuci piring” tersebut merupakan kue sponge dengan minyak zaitun dengan remahan rasa mint, busa dari susu manis, dan puree apel panggang.

Lalu ada lagi sebuah asbak berwarna hitam, lengkap dengan punting bekas rokok yang aslinya adalah pannacotta rasa vanilla yang diberi smokey lapsang gel, bubuk powder serta cokelat, atau dessert berupa buah jeruk busuk yang nyatanya adalah parfait rasa jeruk yang ditaburkan bubuk meringue rasa permen karet.

Soal inspirasi untuk membuat hidangan penutup dengan visual yang unik dan mungkin terlihat menjijikkan ini, pria yang sudah menjadi juru memasak selama sepuluh tahun ini mengaku ide di kepalanya bisa datang dari mana saja. Mulai dari tayangan televisi, video games, atau dari lingkungan di sekelilingnya.

Lalu sekarang, Ben diketahui telah mengumpulkan ide-ide liarnya ini ke dalam buku resep berjudul “Food Illusions Volume 1”, yang mungkin bisa jadi buku andalan inspirasi Anda untuk membuat hidangan penutup yang tak biasa sekaligus mengesankan banyak orang yang melihatnya?

Terakhir, Ben berharap dengan kreasi makanan penutup unik yang ia buat ini, ia berkeinginan agar orang-orang bisa berfikir tidak lagi dengan cara yang konvensional.

“Aku harap aku bisa menginspirasi orang-orang, siapapun itu dengan melihat apa yang aku lakukan ini. Aku ingin menginspirasi orang lain untuk berfikir di luar kotak,” tandasnya. Demikian seperti dilansir dari Metro, Kemarin.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...