Sport

Raih Medali Emas Lari 100 Meter Kejuaraan Dunia U-20, Lalu Muhammad Zohri: Ini Luar Biasa!

Lalu Muhammad Zohri. (sumber;internet)

HELSINKI - Atlet muda Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, meraih medali emas nomor bergengsi lari 100 meter di Kejuaraan Dunia Atletlik U-20 (di bawah usia 20 tahun) di Finlandia, pada Rabu (11/7/2108).

"Sangat sangat bangga terhadap apa yang saya dapatkan hari ini. Ini luar biasa," kata Zohri, usai berlaga, seperti dikutip situs resmi Federasi Atletik Dunia IAAF, Kemarin.

Dalam nomor lari 100 meter, Zohri mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison, dengan mencatatkan waktu 10,18 detik. Adapun kedua pesaingnya itu mencatat waktu 10,22 detik.

"Merasa bangga, bangga sekali karena saya bisa membuat sejarah di sini," kata Zohri.

Dalam beberapa dekade terakhir, Indonesia tak punya catatan menelurkan atlet andal di nomor ini. Tak mengherankan jika keberhasilan Zohri merebut emas lari 100 meter dianggap mengejutkan, apalagi dengan mengalahkan atlet muda AS. Meski demikian, Zohri nyatanya tak langsung berpuas diri. Ia mengaku akan terus berjuang demi mencapai tujuan lainnya.

"Saya akan terus berlatih dan akan mempersiapkan diri untuk Asian Games bulan depan," ujar atlet asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Pencapaian Zohri ini dilaporkan merupakan sejarah baru dalam dunia atletik Indonesia, kata seorang pejabat Indonesia.

"Ini sejarah baru bagi Indonesia sekaligus pertama kali atlet Indonesia meraih emas di Kejuaraan Dunia Atletik U-20," ujar Menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani, dalam siaran pers.

Sebelumnya, Indonesia mencatatkan prestasi terbaik di nomor lari 100 meter pada kejuaraan yang sama di tahun 1986. Ketika itu, atlet Indonesia berhasil mencapai finis kedelapan di babak penyisihan.

Terhadap prestasi Zohri ini, Puan Maharani mengharapkan prestasi yang diraih Zohri makin memicu semangat para atlet cabang olahraga atletik untuk mencapai prestasi terbaik di Asian Games 2018.

"Harapannya, selain sukses infrastruktur, Indonesia bisa mencapai sukses prestasi," ungkap Puan.

Lebih lanjut pria kelahiran 1 Juli 2000 ini menyatakan siap untuk bertanding di Asian Games bulan depan.

"Sekarang, saya akan mempersiapkan diri untuk Asian Games," katanya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...