Dunia

Gempa Meksiko Ungkap Keberadaan Kuil Kuno Berusia Ribuan Tahun

Kuil kuno terbuka setelah gempa meksiko. (sumber;internet)

MEKSIKO CITY - Para arkeolog yang menelusuri piramida Meksiko seusai gempa dahsyat, justru mengungkap jejak-jejak keberadaan sebuah kuil kuno. Kuil ini terkurung di dalam piramida Teopanzolco di negara bagian Morelos, 70 km Ibu Kota Mexico City.

Diperkirakan kuil itu didirikan pada tahun 1150 Masehi oleh kaum Tlahuica, salah satu bangsa Aztec yang tinggal di Meksiko tengah. Bangunan ini dipersembahkan untuk Tláloc, yang merupakan dewa hujan Aztec.

Para arkeolog mengatakan kuil tersebut awalnya berdimensi 6x4 meter. Di antara sisa-sisa kuil mereka juga menemukan sebuah wadah untuk membakar dupa dan pecahan keramik.

Penemuan ini terungkap ketika para ilmuwan dari Institut Antropologi dan Sejarah Nasional Meksiko (INAH) menggunakan radar untuk memeriksa kerusakan piramida Teopanzolco di Cuernavaca pascagempa yang melanda Meksiko pada September 2017 lalu.

Arkeolog Barbara Konieczna mengatakan bahwa adanya gempa berkekuatan 7,1 pada skala Richter itu menyebabkan kerusakan besar pada piramida Teopanzolco, khususnya terhadap dua kuil.

"Susunan inti bangunan piramida ini mengalami perubahan letak," kata Konieczna. Penelitian menunjukkan bahwa kaum Tlahuica tinggal di puluhan kota kecil di daerah yang kini menjadi Negara Bagian Morelos, Meksiko.

Struktur utama di situs arkeologi Teopanzolco diperkirakan berasal dari abad ke-13, yang berarti bahwa kuil yang baru mereka temukan berusia lebih tua. Konieczna mengatakan bahwa membangun di atas bangunan yang lebih tua bukan kebiasaan umum kaum Tlahuica.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...