Media Sosial

Waspada, Ada Game Jahat Incar Anak-anak via WhatsApp

Ilustrasi momo. (sumber;internet)

JAKARTA - Pengguna aplikasi perpesanan WhatsApp kembali dibuat heboh dengan beredarnya foto boneka wanita berwajah aneh dan jahat yang sering melakukan teror misterius. Boneka tersebut namanya Momo.

Mengutip situs Khaleejtimes, Jumat (27/7/2018), Momo merupakan game baru yang tersebar di WhatsApp dan sudah banyak yang menjadi korbannya, terutama anak-anak.

"Aku tahu segalanya tentang dirimu," demikian pesan yang dikirim Momo kepada korbannya melalui WhatsApp.

Psikiater asal Mesir, Jamal Farwiz, mengatakan bahwa penampilan dan cara bicara Momo dapat menyebabkan anak-anak menderita mimpi buruk atau memiliki pikiran negatif.

"Banyak pengguna media sosial memposting video tentang mereka yang memainkan game ini. Beberapa di antaranya merasa takut bahwa hal itu dapat menyebabkan konsekuensi yang mengerikan. Mirip permainan Blue Whale," kata Farwiz.

Permainan dimulai ketika Momo mengirim pesan bergambar yang berisi kekerasan kepada korban. Game ini kemudian akan mengancam penerimanya jika mereka menolak mengikuti 'perintah'.

Momo kemudian akan membalas pesan dalam bahasa apa pun, tetapi nomor yang digunakan untuk pesan tersebut berasal dari Jepang, ada pula yang berasal dari Spanyol.

"Saya mengimbau kepada orangtua untuk memantau aktivitas anak-anak mereka secara daring. Game Momo bisa menyebabkan gangguan kejiwaan. Kemampuan kognitif anak-anak dapat dengan mudah ikut terpengaruh," jelas Farwiz.

Fakta lain menyebutkan bahwa Momo merupakan sebuah patung setengah manusia dengan badan berbentuk ayam.

Blue Whale atau Blue Whale Challenge adalah permainan yang dikaitkan dengan bunuh diri di mana korbannya mayoritas anak-anak dan remaja.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...