Lingkungan

Seribu Kanguru Liar di Tasmania Terancam Dimusnahkan

Kanggur. (sumber;internet)

TASMANIA - Kanguru di Cagar Alam Lake Thomson di selatan Kota Perth, Tasmania terancam dimusnahkan, setelah sebuah laporan menyebutkan keberadaan satwa itu telah mengancam kelestarian vegetasi di cagar alam tersebut.

Departemen Keanekaragaman Hayati, Konservasi dan Atraksi (DBCA) sedang mempertimbangkan pemusnahan kanguru yang menghuni Kawasan konservasi Thomsons Lake Reserve. Namun beberapa warga mendesak kanguru-kanguru itu dilestarikan, sementara dewan lokal juga telah mengutarakan kekhawatiran pemusnahan itu dapat menyebabkan wabah virus di Ross River yang terdapat di daerah tersebut.

Kawasan konservasi yang terletak kurang dari 30 menit berkendara dari pusat kota Perth, Tasmania adalah rumah bagi banyak burung dan marsupial kecil - termasuk kanguru abu-abu barat dan anjing hutan - dan merupakan tempat rekreasi yang populer bagi penjelajah padang semak, penghobi jogging dan keluarga setempat.

Area yang sebagian besar merupakan kawasan lahan basah itu juga merupakan tempat berkembang biak yang penting bagi spesies burung yang terancam punah, bittern Australasia, dan satu-satunya tempat di Perth dimana burung harrier rawa masih berkembang biak.

Setelah cadangan itu dipagari untuk mencegah hama predator pada tahun 1993, jumlah kanguru melonjak dari sekitar 30 ekor menjadi sekitar 1.000 ekor. Upaya pemusnahan sudah dilakukan pada 2006, tetapi laporan terbaru dari Komisi Konservasi dan Taman mengatakan tingkat populasi telah kembali ke jumlah sebelum dilakukan pemusnahan.

Laporan itu mengatakan, populasi kanguru di Kawasan itu saat ini perlu dikurangi karena dampaknya pada vegetasi asli. Pilihan termasuk penyisiran atau "pemindahan' seluruh populasi kanguru dan penggantian dengan spesies makropoda yang pernah menghuni daerah itu sebagai alternatif yang memiliki signifikansi konservasi yang tinggi bagi kawasan itu.

Proses pemusnahan sebelumnya melibatkan penembakan kanguru yang tinggal di cagar alam tersebut yang kini dibatasi oleh rumah-rumah warga.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...