News

Relawan Peduli Covid-19 Pinjamkan Tabung Oksigen secara Gratis, Ini Lokasinya

PEKANBARU - Relawan Peduli Covid-19 saat ini meminjamkan tabung oksigen secara gratis untuk masyarakat yang terpapar Covid-19. Tak hanya tabungnya saja, namun beserta isinya dan semuanya gratis. Masyarakat bisa datang langsung ke Sekretariat Ikatan Keluarga Persaudaraan Tionghoa Bengkalis (IKPTB) di Jalan Karya Indah, Nomor 88, Pekanbaru untuk meminjamnya.

"Namun tentu tak hanya tabungnya saja yang kita pinjamkan, oksigennya juga kita berikan secara gratis," ujar Ketua Pelaksana Relawan Peduli Covid-19 Riau Dirmanto Chang, Kamis (5/8/2021).

Ia mengatakan pihaknya melihat perkembangan Covid-19 di Provinsi Riau semakin meningkat. Kemudian dari informasi yang diperolah, juga adanya kelangkaan oksigen. Selain itu juga menurut arahan dari Gubernur, Riau akan mencanangkan untuk dibentuknya rumah oksigen gotong royong.

"Berawal dari sana, inisiator Relawan Peduli Covid-19 yaitu Pak Toni langsung action dan memesan 100 tabung oksigen. Dan tabung oksigen ini akan dipinjamkan kepada warga yang membutuhkan. Tabung beserta isinya ini dipinjamkan secara gratis. Termasuk juga dengan regulator dan selangnya," Cakapnya.

Lanjut Dirmanto, pihaknya sudah menginformasikan hal ini melalui media sosial dan juga melalui media. Siapapun yang membutuhkan akan dilayani dengan persyaratan harus menunjukkan bahwa ini gunanya untuk pasien Covid-19 yang betul-betul membutuhkan oksigen. Karena tidak semua pasien Covid-19 itu membutuhkan oksigen.

"Oksigen ini diberikan kepada pasien yang saturasi oksigennya itu dibawah 95 persen. Dan oleh sebab itu kami mengharapkan bagi pasien Covid-19 yang membutuhkan bisa melampirkan surat rekomendasi dokter baik dari puskesmas atau rumah sakit. Bahwa pasien ini betul-betul membutuhkan oksigen," sebutnya.

Untuk batasan hari peminjaman, Dirmanto mengatakan pihaknya memberikan waktu paling lama adalah 5 hari. "Karena pihaknya telah menghitung kebutuhan oksigen ini tergantung pemakaian.

"Kalau memang pasien itu membutuhkan oksigennya sedikit ya diperlukan sedikit. Tapi kalau kebutuhan oksigennya mungkin dibawah 90 persen mungkin akan lebih banyak oksigen yang diperlukan. Jadi jika dihitung dengan tabung oksigen kami ini yang berukuran 6 kubik, mungkin bisa itu sampai 4 jam. Tapi kalau pemakaiannya sedikit-sedikit ya mungkin bisa berhari-hari. Jadi tergantung pemakaian," ucapnya.

Bagi masyarakat yang sudah selesai meminjam oksigen, diperbolehkan kembali melakukan peminjaman.

"Jadi kalau pasien yang sudah meminjam oksigen dari kami, kemudian setelah habis pemakaian mereka bisa meminjam kembali. Caranya adalah dengan mengembalikan tabung yang sudah kosong dan kami akan memberikan tabung yang baru yang sudah beserta isinya. jadi mereka tak perlu mengisi di tempat lain. Kami akan memberikan oksigennya secara gratis dan tabungnya kami pinjamkan," terangnya.

Jadi bagi masyarakat yang memang membutuhkan bisa langsung datang ke Sekretariat IKPTB di Jalan Karya Indah, Nomor 88, Pekanbaru. "Kalau memang keluarga pasien bisa menjemput, itu lebih baik. Namun kalau memang tidak bisa kami akan mengantarkan ke rumahnya," ucapnya.

Tak lupa Dirmanto menyampaikan ucapan terimaksih kepada semua dermawan yang telah mendukung semua kegiatan Relawan Peduli Covid-19 Riau.

"Dan pada kali ini semua sangat tergugah untuk bisa membantu untuk mengadakan tabung oksigen ini. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," pungkasnya.

Salah seorang warga yang meminjam tabung oksigen Heri Susanto mengatakan dirinya mendapatkan informasi peminjaman tabung ini dari grup whatsapp.

"Tabung ini untuk ibu saya yang terkena Covid-19. Beliau sudah 3 hari ini terkena Covid-19. Saat ini beliau dirawat di rumah. Sudah mulai membaik namun memang butuh bantuan oksigen," ungkapnya.

Ia mengatakan dirinya sudah mencari kesana kemari untuk tabung oksigen ini namun tidak ada. Dan akhirnya ketika mendapatkan info ini, dirinya langsung mendatangi sekretariat IKPTB.

"Terimakasih kepada Relawan peduli Covid-19. Ini sangat membantu," sebutnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...