News

Buaya 1 Kuintal Diamankan Warga Jambi, Ini Penampakannya

Buaya yang diamankan warga Jambi. (sumber;internet)

JAMBI - Buaya sepanjang 3 meter yang sempat meresahkan warga Desa Lagan Ulu, Geragai, Tanjung Jabung Timur, Jambi, akhirnya ditangkap warga. Buaya dengan bobot mencapai 100 kg ini ditangkap di dekat aliran sungai ketika naik ke daratan.

"Buaya itu ditangkap karena sudah meresahkan. Buaya ini juga memang kerap kali menampakan diri di sungai, dan sering naik ke daratan," ujar Amos Dhani warga sekitar, Jumat,(24/8/2018).

Sejak sepekan terakhir, buaya itu membuat warga resah dan khawatir. Mengingat buaya sering kali menampakan diri di sungai dan terkadang naik ke dataran. Buaya ini terpaksa ditangkap warga dengan alat seadanya, dengan kondisi hidup dan terikat tali.

"Buaya itu kini masih diamankan, kondisi buaya dalam keadaan hidup. Rencana dari pihak terkait mau kelokasi untuk mengamankan buaya itu," katanya.

Sementara itu, saat ini petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi saat ini tengah menuju kelokasi penangkapan buaya tersebut. Petugas juga membenarkan jika aliran sungai di dekat permukiman warga menjadi tempat perlintasan buaya di sana.

"Di sana memang ada populasi buaya. Tetapi kebanyakan buaya itu adanya dialiran sungai besar, cukup jauh dari permukiman warga. Kalau yang saat ini buaya yang ditangkap warga itu dialiran anak sungai, karena di sana juga terdapat banyak rawa-rawa, apalagi aliran sungai itu juga dekat dengan permukiman warga," ujar Faried, Kasi Konservasi Wilayah III BKSDA Jambi.

Rencananya, buaya muara itu akan diamankan terlebih dahulu dikantor BKSDA Jambi dan nantinya buaya tersebut juga akan dilepasliarkan di kawasan habitatnya yang jauh dari permukiman masyarakat.

"Karena di Jambi belum ada tempat penangkaran buaya, maka nanti buaya ini akan kita lepaskan di kawasan habitatnya yang mana kawasan itu jauh dari permukiman masyarakat. Agar tidak membuat masyarakat resah lagi," tukasnya. *



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...