Dunia

Pelecehan Seksual Kardinal AS Buat Paus Fransiskus Dituntut Mundur

Paus Fransiskus. (sumber;internet)

CALIFORNIA - Mantan Uskup Agung sekaligus Duta Besar Vatikan untuk Amerika Serikat, Carlo Maria Vigano, menyerukan Paus Fransiskus untuk mundur dalam kasus pelecehan seksual dilakukan Kardinal Theodore McCarrick pada 2013. Menurut Vigano dia sudah melaporkan perbuatan melenceng dari McCarrick itu lima tahun lalu kepada Paus Fransiskus namun dia tidak berbuat apa-apa.

"Paus Fransiskus harus jadi teladan bagi semua kardinal dan uskup yang menutupi perbuatan McCarrick dan mundur dari jabatannya bersama mereka semua," kata pernyataan Vigano dalam surat tertanggal 22 Agustus lalu seperti dilansir laman CNN, kemarin.

Paus Fransiskus dalam gelaran misa di Dublin, Irlandia, kemarin mengatakan dia tidak akan berkomentar apa pun atas permintaan mundur dari mantan Uskup Agung Vigano.

McCarrick, 88 tahun, yang pernah menjadi pemimpin keuskupan agung di Washington mengundurkan diri bulan lalu atas tuduhan pelecehan seksual sejak beberapa dekade lalu terhadap seorang bocah altar. Paus kemudian meminta dia mundur dari jabatannya.

"Dia (Paus) sudah tahu paling tidak sejak 23 Juni, 2013, McCarrick adalah seorang predator berantai," kata pernyataan Vigano, "meski tahu dia orang yang rusak, tapi Paus menutupinya."

"Baru ketika dia (McCarrick) dipaksa mundur karena ada laporan pelecehan seksual dan menjadi sorotan media, Paus baru mengambil tindakan untuk menyelamatkan citranya di media," kata Vigano.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...