Destinasi Wisata

Indahnya Panorama Danau Terbesar di Aceh dari Puncak Pantan Terong

Pemandangan danau dari puncak pantan terong Aceh. (sumber;internet)

ACEH - Dataran tinggi tanah Gayo dan Alas menyimpan pesona alam yang menakjubkan. Bukit barisan, pemandangan alam dan kesejukan wilayah ini menjadi salah satu yang ditawarkan ke wisatawan.

Seperti di bukit Pantan Terong yang terletak di Kabupaten Aceh Tengah. Dari atas bukit dengan ketinggian mencapai 1.830 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini menawarkan pemandangan alam yang begitu mempesona berupa perbukitan, Kota Takengon dan danau terbesar di Aceh, yaitu Danau Lut Tawar.

Tak heran jika Kabupaten Aceh Tengah memiliki banyak tempat wisata alam dengan berbagai pesona serta karakteristik berbeda. Pantan Terong salah satu wisata alam yang menawarkan pemandangan menawan serta udara yang masih segar tanpa polusi.

Dari bukit ini, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan alam sekitar berupa perbukitan hijau, perkebunan kopi milik warga dan hamparan danau yang terlihat jelas. Pemandangan di kiri dan kanan jalan menuju lokasi sangat memanjakan mata, sehingga tak merasa bosan saat berkendara. Panorama alam berupa perbukitan hijau mendominasi sepanjang perjalanan. Selain kebun kopi, ada hutan pinus dengan lembah-lembah yang indah sebelum menuju puncak Pantan Terong.

Di pinggir jalan, ada warung-warung yang bisa digunakan istirahat sejenak sambil menyeruput kopi asli Gayo untuk menghangatkan badan. Saat tiba di puncak Pantan Terong, wisatawan akan leluasa menikmati keindahan alam yang terpampang jelas dari atas bukit ini.

Di puncak telah dibangun dua bangunan yang terbentuk seperti balkon raksasa untuk wisatawan yang ingin melihat keindahan alam. Balkon ini terbuat dari beton dan dilengkapi pagar pembatas, sehingga memberi kenyamanan untuk wisatawan. Selain menawarkan pesona alam yang memukau, Pantan Terong juga berpotensi sebagai tempat wisata yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti paralayang dan paramotor.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah, Khairudin Yoes tak menampik selain danau Lut Tawar, Pantan Terong salah satu destinasi wisata unggulan di Aceh Tengah.

“Pantan Terong itu kita khususkan bagi mereka yang ingin menikmati udara segar, kesejukan dan sembari menikmati pemandangan kota Takengon dan Danau Lut Tawar. Sejauh ini wisatawan cukup banyak yang berkunjung ke sana,” katanya kepada VIVA, akhir pekan lalu.

Sementara itu, pengelola lokasi wisata Pantan Terong, Endhi Agusyanto mengatakan, setiap akhir pekan, pengunjung lokasi wisata bisa mencapai 1.000 orang. Kebanyakan mereka datang dari Banda Aceh, Pidie, Lhokseumawe hingga dari Kota Medan, Sumatera Utara.

“Namun ada juga sebagian dari luar negeri, khususnya mereka yang ingin menikmati kawasan hutan Leuser dan singgah ke sini,” ujarnya.

Untuk tarif masuk ke kawasan wisata ini, wisatawan hanya cukup membayar Rp5.000 per orang. Lokasi wisata ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Pantan Terong terletak di Desa Ulu Nuih, Kecamatan Bebesan, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. Untuk menuju lokasi ini, wisatawan harus menuju ke Ibukota Aceh Tengah, Takengon. Setelah itu, tempat ini bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 25 menit dengan jarak tempuh sekitar 10 Kilometer.

Ketika hendak berkunjung, wisatawan tak perlu khawatir karena jalan yang menjadi akses menuju ke tempat wisata ini sudah sangat baik dan mulus. Namun, pengunjung harus tetap berhati-hati karena jalan yang menanjak serta dipenuhi dengan tikungan tajam.

Selain itu, yang perlu diperhatikan, jangan lupa membawa pakaian tebal atau jaket, karena dinginnya udara yang bisa menusuk hingga ke tulang. Yang pastinya tempat ini sangat cocok untuk menemukan ketenangan dan menyegarkan pikiran.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...