Lingkungan

Mengenaskan, Harimau Sumatra ini Tewas Tergantung di Jurang

sumber;internet

PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau mengevakuasi bangkai harimau Sumatra yang ditemukan tewas terjerat tepi jurang, Rabu (26/9/2018). Lokasi tersebut masuk dalam kawasan hutan di Desa Muara Lembu, Kecamatan Singingi, Kabupaten Kuansing.

Seperti disampaikan oleh Kepala BBKSDA Riau, Suharyono, sebelumnya pada Selasa (25/9/2018) pihaknya mendapatkan laporan dari masyarakat tentang keberadaan harimau Sumatra. Masyarakat melihat ada harimau yang terjerat di perbatasan Desa Muara Lembu dan Pangkalan Indarung.

"Siang kemarin kita menerima laporan dan langsung menurunkan Tim Rescue SKDA Wilayah 1 ke TKP," ujar Suharyono.

Tim Rescue yang segera bergerak ke lokasi menempuh jarak sekitar dua jam dari Resort Petai. Tim menyisir lokasi hingga sampai ke tempat jerat. "Namun begitu sampai ke lokasi, harimau tidak lagi ditemukan. Tidak ada tanda-tanda aktivitas manusia sehingga diperkirakan harimau berhasil meloloskan diri," kata Suharyono.

Karena hari sudah mulai gelap, tim pun memutuskan untuk menunda pencarian dan dilanjutkan pada Rabu pagi.

"Setelah hari ini dimulai kembali penyisiran, tim akhirnya menemukan bangkai harimau yang tergantung jerat tali di tepi jurang, pada siang hari," ungkap Suharyono.

Diperkirakan harimau tersebut berhasil meloloskan diri dari jerat namun tali jerat tersangkut di semak dan membelit pinggangnya. Akibatnya stawa tersebut menggantung di tepi jurang dan membuatnya mati.

Tim segera membebaskan harimau betina dewasa tersebut dan membawa bangkainya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di klinik transit Balai Besar KSDA Riau.

"Kita sayangkangkan kematian satwa yang dilindungi tersebut. Apalagi yang ditemukan ini adalah betina dewasa yang sudah siap melahirkan anak," jelas Suharyono.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...