Otomotif

Avanza-Xenia Kurang Dilirik Pedagang Mobil Bekas

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA -  Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pada segmen low multi purpose vehicle (MPV) masih dalam tren menurun tidak hanya untuk mobil baru. Dalam kondisi bekas pun 'si kembar' ini namanya kian meredup.

Hal tersebut diumumkan situs jual beli online mobil bekas dan baru Mobil123.com, berdasarkan keterangan sejumlah dealer rekanan.

"Ini saya dapat informasi dari beberapa dealer di kota-kota besar (penjualan Avanza-Xenia bekas turun), termasuk Jakarta," kata Head of Classified Mobil123, Bayu Agung pada acara pembukaan 'Hot Deals Carnival 2018' di Jakarta, Rabu (27/9/2018).

Masih dari keterangan para dealer, menurut Bayu banyak calon konsumen mencari mobil merek lain bahkan di atas Avanza-Xenia dengan berbagai alasan, seperti MPV bekas dengan captain seat atau mobil dengan model pintu geser yang cukup ramai peminat. Contohnya Honda Freed dan Toyota Sienta.

"Mereka itu butuh yang nyaman, tapi harga terjangkau (tidak jauh beda dengan Avanza-Xenia) sekitar Rp150 jutaan. Mereka cari yang tahunnya di bawah 2013," jelas Bayu.

Ia menegaskan penjualan Avanza-Xenia bekas mengalami penurunan cukup signifikan dan hanya mendominasi penjualan sebanyak 50 persen dari sebelumnya yaitu sebesar 80 persen. Sedangkan Freed dan Sienta naik dari di bawah 10 persen menjadi 25 persen.

"Jadi mereka dealer sekarang sudah tidak mau beli Avanza-Xenia bekas," ucapnya.

Senior Manajer WTC Mangga Dua (pusat mobil bekas Jakarta) Herjanto juga menyebut bahwa konsumen tidak lagi mengincar Avanza-Xenia. Penjualan mobil ini terus merosot, di mana sekarang para pedagang hanya dapat menjual sekitar 30 unit dalam satu bulan.

"Kalau dulu kan itu Avanza dan Xenia bisa lebih dari 100 unit per bulan jualannya," ucap Herjanto.

Avanza-Xenia perlahan kehilangan konsumen banyak penyebabnya. Selain faktor kejenuhan pasar, kemunculan kendaraan baru untuk kelas yang sama diyakini berhasil menarik perhatian konsumen.

"Orang pada lari ke mobil China, harga sama tapi dapat baru dan mobil lebih bagus. Sudah jarang orang Jakarta cari Avanza-Xenia, kecuali untuk taksi online. Tapi kalau seperti Ertiga, Mobilio masih sama saja penjualannya," kata Herjanto.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Juni 2018 pucuk penjualan low MPV diraih Xpander dengan angka 39.948 unit.

Avanza ada di urutan kedua dengan perolehan 39.455 unit, ketiga Suzuki Ertiga 18.030 unit, keempat Daihatsu Xenia 15.164 unit, diikuti Honda Mobilio 11.718 unit, dan Wuling Confero 4.819 unit.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...