News

PLTGU 275 MW Dibangun, PT Medco dan Pemko Pekanbaru MoU

Walikota Pekanbaru, DR H Firdaus ST MT dalam pertemuan dengan PT Medco Power

PEKANBARU - Sebentar lagi, persoalan kelistrikan di Kota Pekanbaru dan Riau akan segera teratasi. PT Medco Power sebagai pemenang lelang di PLn akan memulai proses pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Gas-Uap (PLTGU) kapasitas 275 MW di kawasan Tenayanraya. Karena berdekatan dengan Kawasan Industri Tenayan (KIT) dan akan melewatinya, PT MRP dan Pemko Pekanbaru menandatangani Memorendum of Undestanding (MoU). 

"Pembangunan PLTGU ini segera kita mulai di Tenayanraya. Ada pipa dan sebagian bangunan kita melalui lahan Pemko. Makanya kita melakukan MoU dengan Pemko agar pembangunan bisa berajalan lancar," terang Direktur Utama PT Medco Power Riau, Hartono Indriyanto, Selasa (6/11/2018) di Ruang Rapat Kediaman Walikota Pekanbaru. 

Diterangkan Hartono lagi, rencana pembangunan pembangkit tersebut segera dimulai pada akhir bulan ini dengan land clearing. Setelah itu, baru dimulai pembangunan fisik yang diperkirakan selesai serta beroperasi pada 2021. Setelah berdiri nantinya, daya listrik tersebut akan didistribusikan oleh PLN ke masyarakat. 

Terkait dengan 'penyewaan' lahan yang dimaksud dalam MoU, plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BPKAD) Pekanbaru, Syoffaisal menyebutkan lahan yang disewa ini adalah lahan yang dilalui pipa pengangkut air dari Sungai Siak ke Boiler Steam. Adapun lahan yang dilalui sepanjang 3 km yang melewati 2,4 hektar. Disebutkannya juga, lama penyewaan ini hanya 15 tahun dan masih bisa diperpanjang. 

"Ini MoU untuk PT Medco persetujuan membayarkan sewa melalui lahan KIT. Jadi selain mendapatkan manfaat dari listrik yang dihasilkan nanti, Pemko juga mendapatkan pendapatan lain-lain," terang Syoffaisal. 

Terlihat hadir dalam penandatangan MoU yang dilakukan Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT dan Dirut PT MRP ini Kepala BKP-SDM M Jamil, Kabag Ekonomi Masirba Sulaiman, Plt Camat Tenayanraya Hazli dan Dirut PT SPP Heri Susanto. Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT berharap pembangunan PLTGU ini bisa selesai cepat. 

"Dengan adanya PLTGU ini kita berharap Riau tak mengali defisit daya lagi. Sehingga kebutuhan listrik kita tercukupi," kata Firdaus.
*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...