News

Dua Kabupaten di Riau Berstatus Tanggap Darurat Banjir

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Ibhu), Riau saat ini masih dilanda banjir. Karena dampaknya cukup parah, dua kabupaten ini menetapkan status tanggap darurat banjir.

Kepala Bidang Kedaruratan Badan Penanggulangan (BPBD) Provinsi Riau, Jim Gapur menjelaskan bahwa musibah banjir berdampak terhadap ribuan jiwa. BPBD bersama pemda saat ini berupaya untuk mengevakuasi warga.

"Status tanggap banjir diberlakukan karena banyak yang berdampak dan sudah menggangu kehidupan masyarakat," ucap Jim Gapur Sabtu (10/11/2018).

Di Kabupaten Inhu, dia menjelaskan banjir menggenangi 13 kecamatan. Daerah itu adalah Kecamatan Rengat, Rengat Barat, Batang

Gangsal, Batang Cinaku, Pasar Penyu Lirik. Selanjutnya Kecamatan Sungai Lala, Kelayang, Rakit Kulim, Batang Peranap, Kuala Cinaku dan Kecamatan Peranap.

Sementara di Kabupaten Kuansing banjir merendam 11 kecamatan yakni Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Gunung Toar, Kuantan Tengah.

Kemudian Kecamatan Benai, Sentajo Raya, Pangean, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Sebrang, Inuman dan Kecamatan Cerenti.

"Untuk di Kabupaten Kuansing banjir berdampak terhadap 1.496 kepala keluarga atau 3275 jiwa. Kalau Kuansing jumlah yang terdampak masih dalam pendataan," imbuhnya.

Selain ribuan rumah warga, banjir juga merusak ratusan hektar areal pertanian. Pasilitas umum seperti rumah ibadah, sekolah dan sarana kesehatan juga teredam. Ketinggian banjir bervariasi antara 20 centimeter hingga 1 meter.

"Masyarakat harus dievakuasi dan diselamatkan agar tidak terjadi korban jiwa,"pungkasnya.

Sebelum Kuansing dan Inhu, Pemkab Rokan Hilir dan Rokan Hulu sudah lebih dahulu menetapkan status tanggap darurat banjir.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...