Sepakbola

Manchester Its Blue, City Tundukkan MU 3-1

Manchester City. (sumber;internet)

MANCHESTER - Manchester City memenangi Derby Manchester. Tampil dominan di Etihad Stadium, Senin (12/11/2018) dinihari WIB, The Citizens mengalahkan Manchester United 3-1.

City menurunkan kekuatan terbaiknya dalam Derby Manchester pertama di musim 2017/2018 ini. Josep Guardiola tak kehilangan satupun pemain pilar yang membuat mereka turun dengan tim terkuat.

Sementara dari Manchester United tidak ada Paul Pogba dalam daftar pemain yang dibawa ke laga ini. Dalam pernyataannya sebelum laga dimulai, Jose Mourinho menyebut Pogba mengalami cedera. Romelu Lukaku juga tak dimainkan sejak menit awal, lini depan Setan Merah ditempati Jesse Lingard, Marcus Rashford, Anthony Martial.

City sudah langsung mendominasi laga sejak awal serta menciptkan beberapa peluang. The Citizens tak perlu menunggu terlalu lama untuk mencetak gol karena di menit 12 David Silva mencetak gol pertama mereka.

Tuan rumah tampil sangat dominan di sisa babak pertama. Selain menciptakan beberapa peluang, City juga nyaris tak dapat ancaman berarti. 

Sergio Aguero mengandakan keunggulan City jadi 2-0 di awal babak kedua. MU kemudian memperkecil kedudukan melalui penalti Anthony Martial. Namun City kembali melebarkan keunggulan setelah Ilkay Gundongan menjebol gawang De Gea jelang laga tuntas.

Kemenangan ini mengembalikan City ke puncak klasemen, setelah beberapa jam lalu diambil alih Liverpool. City kini punya poin 32, unggul dua angka di depan The Reds.

Untuk MU, mereka masih tertahan di posisi delapan selepas pekan 12. MU punya poin 20 hasil enam kali menang, dua kali imbang, dan empat kali kalah.

Jalannya Pertandingan

Di depan pendukungnya sendiri, City langsung menyengat di menit-menit awal pertandingan. Tuan rumah melepaskan tendangan pertamanya saat laga belum genap dua menit, ketika sepakan Bernardo Silva melebar di tiang jauh.

Pada sembilan menit pertama pertandingan City menguasai 87% ball possession. Skuat besutan Josep Guardiola juga sudah melepaskan dua tembakan dan menghasilkan dua tendangan sudut.

Salah satu peluang terbaik City datang di menit empat. David Silva melepas umpan tarik dari dalam kotak penalti, tapi baik Sergio Aguero maupun Bernando Silva yang ada di muka gawang tidak ada yang menyambarnya.

Di menit 11 City mencetak gol pertamanya. Umpan Raheem Sterling dari sisi kiri berhasil diterima Bernando Silva di tinag jauh. Silva lantas mengembalikan bola ke muka gawang, di sana Aguero dan David Silva. Nama yang disebut belakangan berhasil menguasai bola dan dengan tenang mencploskan ke gawang dari jarak dekat.

Aguero punya kans memperbesar keunggulan City di menit 24. Dia merebut bola dari Ander Herrera dan menusuk sampai kotak penalti. Dikawal empat pemain MU, Aguero baru bisa dihentikan saat dia terpelset ketika akan menendang bola.

Di sisi lain, MU tak punya peluang yang benar-benar matang. Anthony Martial dan Marcus Rashford dua kali mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi tak ada yang membuahkan hasil.

Satu menit jelang babak pertama tuntas, City kembali punya peluang. Bernardo Silva memotong bola yang coba dilepaskan Herrera. Silva lantas menusuk ke kotak penalti dan meneruskan bola ke Aguero. Sepakan aguero dari jarak dekat hanya membentur sisi luar gawang.

Di awal babak kedua City kembali langsung menggebrak. Laga baru berjalan tiga menit tuan rumah memperbesar keunggulan jadi 2-0.

Melakukan kerjasama satu-dua dengan Riyad Mahrez, Aguero melepaskan tendangan keras dari sudut sempit di sisi kiri pertahanan MU. Bola yang mengalir deras tak mampu dihalau David de Gea.

Pada menit 54 Streling dapat umpan terukur dari Fernandinho untuk memecah garis sejajar pertahanan MU. Tapi pemain inggris itu terlalu lama menguasai bola dan kehilangan momentum sehingga tak menghasilkan apapun kecuali tendangan gawang.

Tak juga menciptakan satupun shot on goal sampai menit 57, Jose Mourinho memasukkan Romelu Lukaku dan menarik keluar Jesse Lingard. Pergantian ini langsung membuahkan hasil gol yang memperkecil ketinggalan Setan Merah.

Pergerakan Lukaku di kotak penalti memaksa kiper Ederson Moraes melakukan pelanggaran yang berujung penalti. Martial yang menjadi eksekutor menuntaskan tugasnya dengan sempurna.

Gol tersebut membuat MU mendapatkan momentum untuk membangun serangan. Tapi upaya yang dilakukan MU tak ada yang sampai benar-benar membahayakan gawang City.

Di menit 66 Leroy Sane, yang masuk menggantikan Mahrez, melakukan tusukan ke muka kotak penalti MU. Dia kemudian melepaskan umpan ke Fernandinho, yang langsung disambar dengan sepakan mendatar. Namun bola masih bisa ditangkap De Gea dengan mudah.

Demi mengejar ketinggalan gol, Mourinho lantas memasukkan Alex Sanchez dan Juan Mata. Namun tak banyak hasil yang didapat dari pergantian pemain itu.

City, yang beberapa kali menciptakan peluang lewat serangan balik cepat, akhirnya mencetak gol ketiga pada menit 86. Gundogan yang masuk menggantikan Aguero, lolos dari kawalan pemain MU saat menerima umpan dari bernando Silva tepat di muka gawang. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan De Gea, Gundogan dengan mudah menjaringkan bola ke gawang.

Susunan Pemain

Manchester City: Ederson; Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte, Benjamin Mendy; David Silva ('90 Foden), Fernandinho, Bernardo Silva; Riyad Mahrez ('62 Sane), Sergio Aguero ('75 Gundogan), Raheem Sterling.

Manchester United: David de Gea; Ashley Young, Chris Smalling, Victor Lindelof, Luke Shaw; Ander Herrera ('73 Mata), Nemanja Matic, Marouane Fellaini; Jesse Lingard ('56 Lukaku), Marcus Rashford ('73 Alexis), Anthony Martial.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...