News

DLHK Pekanbaru dan Duta Lingkungan Gelar Hari Puncak #GenZHeTikYuk!

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru bersama Duta Lingkungan Pekanbaru mengadakan perayaan "Hari Puncak #GenZHeTikYuk!" di SMKN 2 Pekanbaru. Acara tersebut dihadiri oleh ratusan siswa serta guru dari berbagai sekolah, komunitas dan media.

#GenZHeTikYuk! merupakan kampanye hemat penggunaan plastik (botol, kemasan, kantong, pipet, dan lainnya) yang berfokus pada generasi Z (generasi kelahiran 1995-2012).

Michiko Frizdew, Juara 1 Duta Lingkungan Pekanbaru 2015-2017 yang juga merupakan Ketua Panita dari kegiatan ini menjelaskan, ada 3 alasan utama mengapa kampanye ini berfokus pada penanganan sampah plastik.

Pertama, sampah plastik membutuhkan waktu yang begitu lama untuk diuraikan oleh lingkungan. Kedua, sampah plastik di Indonesia masih sedikit yang didaur ulang (selebihnya dibuang bebas ke lingkungan atau dibuang ke TPA).

Ketiga, Indonesia adalah negara kedua terbesar di dunia yang paling banyak membuang sampah plastik ke laut. Jika tidak ada aksi berkelanjutan dari manusia maka, bisa saja pada tahun 2050, jumlah plastik di laut lebih banyak 3 kali lipat dari pada jumlah ikan itu sendiri.

"Nah, kenapa fokus pada generasi Z, karena menurut kami, sebuah kampanye yang ideal itu harus punya sasaran dan segmen yang jelas. Sehingga pendekatan komunikasi yang digunakan pun akan menyesuaikan dengan karakteristik dan perilaku generasi tersebut,  agar pesannya tersampaikan dengan efektif," ungkap Michiko, kemarin.

Dijelaskan Michiko, dari 1 Oktober hingga 6 November lalu, Duta Lingkungan Pekanbaru sebagai motor penggerak program ini telah menyambangi 20 titik kampanye yakni mall-mall dan sekolah yang ada di Pekanbaru.

"Kunjungan yang kita lakukan itu,  antara lain  SMK Hasanah, Mall SKA, Sadira Plaza, Mall Ciputra, SMP Cendana, MTSN 1, Senapelan Plaza, SMP Dharma Loka, MIN 1, Living World. Selain itu,  SMKN 6, Plaza The Central, SMKN 2, Mall Pekanbaru, SMP IT Madani, Metropolitan City, SMPN 25, SMP IT Alfikri, SMPN 20, dan SMPN 13 Pekanbaru," urai Michiko.

Sebagai bentuk apresiasi kepada sekolah yang telah dikunjungi sebelumnya, DLHK Pekanbaru pun memberikan sertifikat dan kenang-kenangan kepada sekolah.

Sekretaris DLHK Pekanbaru, Elmawati  menyampaikan untuk berbagai pihak mulai membangun berbagai kolaborasi bersama Duta Lingkungan Pekanbaru.

"Silahkan kepada Bapak/Ibu agar manfaatkanlah Duta Lingkungan yang telah kita pilih ini. Mereka adalah ujung tombak DLHK Pekanbaru dalam menyampaikan pesan peduli lingkungan kepada generasi muda atau pun generasi Z di Pekanbaru ini.

Selain program mandiri kolektif seperti yang hari ini kita saksikan, mereka juga memiliki program mandiri individunya sendiri," terang Elmawati.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...