News

Force Down Lanud Rsn Turunkan Paksa Pesawat Asing

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Lanud Roesmin Nurjadin sore tadi mengadakan kegiatan simulasi penurunan paksa pesawat asing atau force down di wilayah Pekanbaru. Kegiatan ini dilaksanakan di depan areal Apron VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II.

Berdasarkan skenario yang telah dibuat pesawat tidak dikenal yang melintasi kedaulatan wilayah NKRI. Informasi tersebut disampaikan Asops Kosekhanudnas III Medan. Satu flight pesawat F16 pun diperintahkan untuk melakukan pencegatan dan identifikasi pesawat asing tersebut.

Setelah berhasil melaksanakan intersepsi, diperoleh informasi bahwa pesawat tersebut adalah jenis pesawat militer dengan dengan kursi ganda. Pilot pesawat tersebut beralasan bahwa pesawatnya mengalami kerusakan alat navigasi. Setelah dilaporkan hasil identifikasinya, pesawat F-16 tersebut diperintahkan untuk melaksanakan force down ke Lanud Roesmin Nurjadin.

Pada saat itu, kondisi Apron Base Ops Lanud Roesmin Nurjadin sedang dilaksanakan overlay, sehingga untuk penanganan force down dipilih dilaksanakan di Apron Utara VIP Lancang Kuning Bandara SSK II.

Di darat petugas telah menyiapkan pasukan dan perlengkapan untuk mengamankan pesawat yang sudah dipaksa turun. Mulai dari pasukan Paskhas 462 bersenjata lengkap, Satpomau, Ground Crew, intelijen, tenaga medis disiagakan di lokasi pendaratan. 

Pilot pesawat tersebut pun berhasil diamankan oleh petugas. Selanjutnya pilot tersebut diinterogasi oleh intel untuk menggali informasi lebih mendalam. Sedangkan pesawat asing jenis Hawk 100/200 tersebut diperiksa lebih lanjut dan dievakuasi.

Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengatakan bahwa latihan ini bertujuan untuk melatihkan seluruh unsur yang terkait dengan penanganan force down. Kegiatan ini dilakukan rutin agar jajaran Lanud Roesmin Nurjadin terbiasa menangani kejadian tersebut.

“Diharapkan seluruh unsur yang terkait dalam penanganan force down ini, benar benar paham dan mengilhami tugas-tugasnya, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan benar dan efektif jika suatu saat kita harus melaksanakan force down,” terang Ronny.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...