Lingkungan

BBKSDA Lepas Kukang Korban Banjir di Rengat

Kukang. (sumber;internet)

RENGAT - Banjir yang melanda beberapa daerah di Riau tidak hanya mengganggu aktivitas manusia saja. Akhir November lalu, warga Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat, Inhil mengamankan seekor kukang (Nycticebus coucang) yang masuk ke kawasan pemukiman.

"Kukang ini ditemukan berada di atas tiang listrik. Diperkirakan kukang ini keluar dari habitatnya akibat banjir," kata Humas Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Riau, Dian Indriati, Rabu (12/12/2018).

Dian mengatakan bahwa Kukang tersebut berjenis kelamin jantan dengan usia sekitar 1 tahun. Kukang itu diserahkan warga ke BBKSDA untuk diberikan perawatan dan juga observasi.

Setelah mengalami perawatan hingga dua pekan, Kukang tersebut akhirnya dilepasliarkan ke habitatnya. Tim Rescue BBKSDA Riau Bidwil I mengantarkan satwa dilindungi ini melewati Sungai Mengkuang Kembaku ke alamnya. "Tim yang terdiri dari tujuh orang ini melepaskannya kemarin, jauh dari pemukiman warga," sebut Dian.

Banjir yang menyebabkan satwa masuk ke pemukiman ini juga pernah terjadi di Kuansing pekan lalu. Tepatnya di Kecamatan Benai, ditemukan buaya muara (Crocodylus porosus) masuk ke aliran drainase warga. Masuknya buaya ini diperkirakan masuk karena aliran Sungai Kuantan yang meluap.

"Buaya itu juga sudah diamankan ke Konservasi Kasang Kulim," pungkas Dian.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...