Health

Tiga Bahaya Pangan yang Harus Diwaspadai

Ilustrasi. (sumber;internet)

JAKARTA - Keamanan pangan sangat penting untuk menjamin mutu makanan yang kita konsumsi tetap terjaga. Keamanan pangan tak hanya menyangkut soal proses pengolahan tapi juga penyimpanannya.

Direktur Southeast Asia Food & Agricultural, Science & Technology Center IPB Prof. Dr. Ir. Nuri Andarwulan mengatakan, ada tiga bahaya dalam pangan, yaitu bahaya mikroba, kimia, dan fisik.

"Contoh mikroba bisa virus atau bakteri, terutama bakteri yang paling banyak. Virus tidak terlalu tahan panas dan mudah mati, kalau mikroba bisa tahan panas," ujar Nuri dalam acara Don't Let Good Food Go Bad di kawasan Kemang, Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Untuk bahaya kimia kebanyakan masalahnya tidak muncul secara instan seperti pada mikroba. Tapi efeknya kronis, yaitu efek akumulasi di mana sakit muncul di kemudian hari.

Misalnya, pestisida. Karena itu, residu pestisida yang digunakan dalam proses penanaman dianjurkan untuk dikurangi. Begitu juga dengan hewan ternak yang menggunakan antibiotik.

Bahaya kimia lain adalah logam berat yang terdapat di tanah. Industri bahan pangan, terutama dari pertanian selalu mengandung logam berat yang kadarnya rendah sampai tinggi. Selain itu, ada juga bahaya pewarna kimia seperti rodamin B yang digunakan dalam kerupuk, serta formalin dan boraks.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...