Hukrim

Waduh! 700 Pastor di Illinois AS Dituduh Lakukan Serangan Seksual

Ilustrasi. (sumber;internet)

ILLIONIS - Nyaris 700 pastor di Illinois, Amerika Serikat telah dituduh melakukan serangan seksual terhadap anak-anak. Angka ini jauh lebih tinggi dari yang telah disampaikan Gereja Katolik sebelumnya.

Jaksa Agung negara bagian Illinois, Lisa Madigan mengatakan, pihak gereja sebelumnya menyebut 185 pastor dituduh melakukan kekerasan seksual. Angka itu jelas jauh lebih kecil daripada yang diungkapkan kantor Kejaksaan Agung (Kejagung) Illinois.

Hasil penyelidikan awal yang dimulai pada Agustus lalu menunjukkan, selain 185 orang tersebut, ternyata ada lebih dari 500 pastor dan rohaniwan Katolik lainnya dengan tuduhan pelecehan seksual di enam keuskupan di negara bagian itu totalnya setidaknya mencapai 685 tersangka.

Dalam sebuah statemen, kantor Kejagung Illinois mengkritik cara Gereja Katolik menangani tuduhan-tuduhan pelanggaran tersebut. Disebutkan bahwa penyelidikan sangat kurang, dan dalam banyak kasus, aparat penegak hukum dan otoritas kesejahteraan anak-anak tidak diberitahu.

"Tahap awal penyelidikan ini telah menunjukkan bahwa Gereja Katolik tidak bisa mengawasi dirinya sendiri," cetus Madigan dalam sebuah statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (20/12/2018).

Ditambahkan Madigan, pihak Gereja gagal memberikan "penghitungan yang lengkap dan akurat atas semua perilaku tak senonoh yang melibatkan para pastor di Illinois."

Penyelidikan di Illinois ini dipicu oleh laporan dewan juri federal pada Agustus lalu yang mengungkapkan tuduhan-tuduhan kredibel terhadap lebih dari 300 tersangka pastor predator dan mengidentifikasi lebih dari 1.000 korban kekerasan seks anak yang ditutup-tutupi selama puluhan tahun oleh Gereja Katolik di negara bagian Pennsylvania.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...