Health

5 Makanan Enak Ini Bisa Turunkan Berat Badan

Ilustrasi. (sumber;internet)

JAKARTA - Menurunkan berat badan tidak sesulit yang dibayangkan. Cukup konsumsi makanan sehat dan olahraga teratur, tubuh pun akan kembali langsing. Tapi tak semua makanan bisa dikonsumsi. Makanan tinggi protein dan rendah kalori ini bisa jadi pilihan. Namun cepat atau lambatnya penurunan berat badan tergantung dari beberapa faktor seperti usia hingga eseimbangan hormon. 

Berikut ini 5 makanan yang mengandung protein, serat dan lemak baik bisa dikombinasikan menjadi makanan sehari-hari untuk turunkan berat badan.

1. Telur
Meskipun mengandung kolesterol, akan tetapu telur memiliki kualitas protein yang terbaik dan mudah diserap oleh tubuh. Terlepas dari kandungan proteinnya, telur juga menjadi sumber vitamin. Baik putih dan kuningnya, telur sama-sama memiliki segudang manfaat terutama untuk meneingkatkan metabolisme.

Telur dapat dikonsumsi setiap hari sebagai pilihan sarapan. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi telur saat sarapan dapat membantu turunkan berat badan. Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh International Journal of Obesity, para peneliti menemukan bahwa oara pelaku diet yang mengonsumsi dua butir telur saat sarapan selama lima kali dalam seminggu kehilangan bobot tubuhnya sebanyak 65 persen dibandingkan mereka yang konsumsi bagel di pagi hari.

2. Salad sayur dan buah
Sayuran dapat membuat tubuh kenyang lebih lama. Serat dan air yang terkandung di dalam sayuran dan buah tidak akan membuat berat badan naik. Namun, metode memasaknya sangat penting karena terlalu banyak sayuran yang dimasak dengan minyak tidak akan bermanfata bagi tubuh Anda. Pilihlah sayuran yang dimasak dengan cara dikukus, panggang atau ditumis dengan bumbu dan jangan masak terlalu lama.

3. Kacang-kacangan
Kacang adalah pembangkit energi, protein dan lemak yang berkualitas baik. Kacang kebanyakan mengandung lemak tak jenuh. Jenis lemak ini banyak dikaitkan sebagai perlindungan penyakit jantung. Namun, kacang yang dikonsumsi secara berlebihan bisa meningkatkan berat badan.

Beberapa studi pengamatan telah menemukan bahwa makan kacang secara teratur tidak berhubungan dengan penambahan berat badan dan bahkan dapat emncegahnya. Salah satu studi mengamati diet 8.865 pria dan wanita selama 28 bulan. Ditemukan bahwa mereka yang makan dua atau lebih porsi kacang dalam seminggu memiliki risiko 31 persen lebih rendah alami kenaikan berat badan dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah atau jarang mengonsumsinya.

4. Air
air sangat berperan penting dalam menurunkan berat badan. Otot yang alami dehidrasi tidak dapat membakar lemak dan mengonsumsi air dalam jumlah cukup dapat mencegah makan berlebihan dan mengurangi nafsu makan. Air juga paling penting untuk semua proses tubuh. Kekurangan air dalam sistem tubuh dapat menghambat metabolisme sehingga juga memperlambat proses penurunan lemak. Air juga sangat penting untuk prroses detoksifikasi.

5. Polong-polongan
Polong-polongan juga menjadi sumber serat dan protein yang baik. Ini dapat membantu menjaga metabolisme sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang dan menahan ngidam makanan olahan. Sehingga dengan mengonsumsi legume atau polong-polongan secara teratur dapat membantu tingkatkan proses pembakaran lemak di dalam tubuh.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...