Life

Berikut ini Berat Badan Normal Saat Hamil

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Nutrisi bagi ibu hamil sangat penting karenanya ibu hamil tidak boleh membatasi asupan hanya karena tidak ingin berat badan bertambah berlebihan. Meski begitu, tidak dibenarkan juga ibu hamil bebas mengonsumsi apa saja tanpa ada batasan.

Menurut ahli gizi dr. Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK, saat hamil, kenaikan berat badan ibu pun ada pakemnya. Jika ibu sebelum hamil berat badannya normal, maka kenaikan berat badan saat hamil dalam batas 11,5-16 kilogram. Namun, bila sebelum hamil ibu sudah overweight berat badan yang boleh naik semakin sedikit, yaitu 7-12 kilogram.

Berbeda lagi jika ibu sudah mengalami obesitas saat sebelum hamil, maka kenaikannya hanya boleh sampai 9 kilogram saja.

Loading...

"Jika ibu sebelum hamil malnutrisi, berat badannya 45 kilogram, naiknya boleh lebih banyak," terang Diana.

Kenapa kenaikan berat badan ini penting bagi ibu hamil? Karena kenaikan berat badan sangat memengaruhi risiko saat ibu melahirkan. Jika saat hamil ibu malnutrisi atau kekurangan gizi, bisa mengalami komplikasi preeklampsia, eklampsia, hingga bayi kecil di dalam kandungan.

Ibu terlalu banyak kenaikan berat badannya hingga obesitas pun juga tidak baik. Ibu akan mengalami komplikasi pascamelahirkan, bayi terlalu besar hingga sulit lahir normal, risiko sakit gula yang tinggi hingga hipertensi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...