Hukrim

Polri : Ada Artis Di-booking ke LN, Tarifnya Rp300 Juta

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Kepolisian Daerah Jawa Timur, mengungkap sedikitnya 45 artis dan 100 model wanita yang berada di bawah kendali tersangka ES dan TN dalam bisnis prostitusi online. Artis binaan tersangka, juga melayani booking lelaki hidung belang untuk berkencan di luar negeri. Tarifnya sampai Rp300 juta.

Kepala Polda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, prostitusi online yang dijalankan tersangka ES dan TN, diduga kuat merupakan jaringan besar dan kuat. Tersangka melakoni bisnis haramnya sejak 2017, dan beroperasi di seluruh kota di Indonesia. "Ke luar negeri juga ada," katanya.

Kepala Subdirektorat Reserse Kriminal Khsusus Polda Jatim, AKBP Harissandi mengatakan, nama 45 artis itu didapatkan polisi berdasarkan bukti-bukti percakapan dan transaksi di telepon genggam tersangka. "Percakapan antara pelanggan sama muncikari," katanya kepada wartawan di Markas Polda Jatim, Kemarin.

Tersangka ES, kata Harissandi, mulanya bekerja sebagai asisten seorang artis. Dari situ, dia kenal dengan banyak artis lain. Sejak 2017, ES melakoni bisnis prostitusi dengan menawarkan sejumlah artis ke lelaki hidung belang.

Harissandi menyebutkan, ada pula pelanggan yang mem-booking artis binaannya untuk berkencan di luar negeri.

"Ada (di-booking kencan ke luar negeri). Jadi begini, ada yang ke luar negeri, kadang dia (pelanggan) pesan, misalnya, pesan buat di Hong Kong atau Singapura. Berapa lama? Tiga hari. Dia tarifnya tiga ratus (juta). Pelanggannya dari Indonesia, mungkin dia pengusaha takut ketahuan atau bagaimana, dia lakukan eksekusi di luar negeri," ujarnya.

Selain warga negara Indonesia, katanya, ada pula warga negara asing yang juga memesan layanan seksual dari wanita artis binaan tersangka. Pelanggannya kebanyakan berlatar belakang pengusaha. "Ada juga dari pejabat," katanya.

Kasus prostitusi online yang melibatkan artis, diungkap Polda Jatim di salah satu hotel di Surabaya pada Sabtu siang, 5 Januari 2019. Saat itu, VA ditangkap usai bertransaksi seksual di salah satu kamar hotel bersama pria yang mengencaninya.

Model AS diamankan kemudian. Dalam kasus itu, polisi telah menetapkan sang muncikari, TN dan ES sebagai tersangka.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...