Health

Ingat! 'Jajan' Mahal Bukan Jaminan Bebas Infeksi Penyakit Kelamin

ilustrasi (sumber;internet)

JAKARTA - Maraknya pemberitaan tentang prostitusi artis bertarif super mahal mendapat perhatian juga dari praktisi kesehatan. Perilaku gonta-ganti pasangan selalu berisiko menularkan infeksi, tak peduli berapapun tarifnya.

"Pernah ada pasien yang datang akibat penyakit hubungan seksual komplain, karena merasa sudah membeli mahal kok tetap kena juga," kata dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

"Ya itu masalahnya dengan pemeriksaan darah kita baru tahu apakah seseorang HIV atau tidak," lanjutnya dalam pesannya kepada wartawan, Sabtu (12/1/2019).

Menurut dr Ari, HIV (Human Imunodeficiency Virus) dan Infeksi Menular Seksual (IMS) tidak memandang profesi. Semua bisa kena, termasuk Ibu Rumah Tangga (IRT) yang sangat mungkin tertular meski tidak gonta-ganti pasangan. Mereka tetap rentan tertular apabila suaminya suka 'jajan' di luar.

Diingatkan juga oleh dr Ari, siapapun yang pernah melakukan hubungan seksual sebaiknya memeriksakan status HIV. Makin dini terdeteksi, makin besar pula peluang menurunkan jumlah virus dan mengurangi risiko penularan dengan pemberian obat anti retro viral (ARV).*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...