News

3.383 Hektar Lahan di Pekanbaru Masih Kosong

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Dengan jumlah luas lahan di Kota Pekanbaru yang mencapai 63.226 hektar, hingga saat ini masih ada 3.383 hektar yang belum termanfaatkan.

Dari 12 kecamatan, luas lahan yang belum termanfaatkan diantaranya 787,7 hektare di Kecamatan Rumbai Pesisir, 135 hektare di Tampan, 37 hektare di Kecamatan Bukit Raya. Sedangkn di Kecamatan Tenayan Raya 1.122 hektare dan 1.302 hektare di Kecamatan Rumbai.

Sekretaris Dinas Pertanian Kota Pekanbaru, Firdaus, mengatakan jika pihaknya terus berupaya untuk memanfaatkan lahan kosong yang ada di Kota Pekanbaru agar dikelola oleh petani. Sebab pada musim kemarau panjang lahan tidur kerap menjadi permasalahan lahan kebakaran.

“Kami berusaha untuk melakukan perjanjian dengan para pemilik lahan kosong agar lahannya bisa dipinjam pakai ke para petani kita. Hal ini dilakukan untuk menggesa program pemerintah dalam menyukseskan swasembada Pajale (Padi Jagung dan Kedelai),” katanya, Kemarin.

Disebutkan Firdaus, banyak kendala yang ditemui di lapangan saat dirinya bertemu pemilik lahan dalam program pinjam pakai lahan tersebut.

"Pemilik maunya langsung disewa. Sementara para petani belum sanggup untuk menyewanya, karena mereka ingin pinjam dulu setahun baru di sewa," ujarnya.

Hingga saat ini pihaknya mendata masih sedikit lahan di Kota Pekanbaru yang dimanfaatkan sebagai lahan agrobisnis. Untuk itu, Ia berharap agar masyarakat mau meminjam pakaikan sementara untuk memajukan perekonomian masyarakat.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...