Lingkungan

Kandang Tak Layak, Harimau di Taman Rimbo Jambi Mati

ilustrasi (sumber;internet)

JAMBI - Seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) penghuni Taman Satwa Taman Rimbo Jambi bernama Ayu telah tutup usia. Informasi yang diketahui VIVA, harimau berjenis kelamin betina itu mati pada Sabtu (26/1/2019) malam.

Kematian Ayu disebabkan terserang penyakit paru-paru basah (Pneumonia). Kepala UPTD Taman Rimba Jambi, Taufik, mengatakan kematian Ayu disebabkan kebiasaannya tidur di lantai, walaupun pihaknya telah memberikan tempat tidur, baik di meja maupun di lantai yang telah dialasi oleh papan.

"Ini masalah perilaku. Ayu ini cenderung tidur di lantai walaupun kita sudah siapkan tempat tidur untuk Ayu," kata Taufik.

Hal senada disampaikan oleh salah satu dokter hewan di Taman Rimba Jambi mengatakan kebiasaan Ayu menyebabkan dia terkena penyakit paru-paru basah.

"Kalau kita lihat dari sistem perkandangannya, karena si Ayu terbiasa tidur di lantai. Jadi si Ayu terkena paru-paru basah," sebut salah satu Dokter hewan.

Sementara itu, Kepala BKSDA Jambi, Rahmad Saleh, mengungkapkan, sebelum mati, Ayu telah menjalani beberapa penanganan medis.

"Pada tanggal 16 Januari 2019, Ayu mengalami muntah tetapi masih cukup aktif bergerak, dan tanggal 17 Januari 2019 kondisi harimau Ayu tidak mau makan dan kondisinya lemas," kata dia, Ahad (27/11/2019).

Setelah itu, tim medis mengambil sampel darah Ayu untuk diuji di Laboratorium Sriwijaya.

"Dari hasil Uji Laboratorium Sriwijaya, Harimau Ayu teridentifiksi terserang penyakit paru-paru basah (Pneumonia)," kata Rahmad.

Setelah itu, tim memberi infus, antibiotik, lasif dan vitamin terhadap Ayu. 

"Tanggal 26 Januari 2019 pukul 00.53, Harimau Ayu dinyatakan mati yang didiagnosis disebabkan oleh pneumonia," lanjut Rahmad.*




Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...