Trashod

Tiket Mahal, Asita Riau Tawarkan Wisata Jalur Darat

ilustrasi (sumber;internet)

PEKANBARU - Masih tingginya harga tiket pesawat domestik membuat pariwisata lesu, khususnya di Provinsi Riau. Hal tersebut dirasakan pengusaha yang tergabung di Association of The Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA) Riau yang menyebutkan dampak dari mahalnya harga tiket pesawat adalah menurunkan daya kunjung wisatawan ke Bumi Lancang Kuning.

"Sejak mahalnya harga tiket pesawat, kunjugan wisatawan juga menurun. Ini sangat berdampak pada usaha wisata di Riau," terang Ketua ASITA Riau Dede Firmansyah, Sabtu (31/2/2019).

Dede menjelaskan, harga tiket yang tinggi bisa mengurangi minat paket wisata dalam negeri. Kunjungan wisatawan asing bisa jadi beralih ke negara tetanga seperti Malaysia dan Singapura yang dinilai masih masuk akal harga tiketnya.

Loading...

"Biasanya, para agen menawarkan tiket Rp 700-an ribu ke Jakarta, tapi sekarang atas Rp 1 jutaan. Belum lagi tambahan bayar bagasi. Tentu ini berat untuk wisawatan atau masyarakat," katanya.

Guna tetap bertahan, saat ini pihak ASITA di Riau menawarkan paket wisata ke perusahaan dan komunitas dengan transportasi darat. Ini sebagai alternatif tawaran ke wisatawan sejak mahalnya harga tiket pesawat.

"Sekarang anggota kami menawarkan tiket wisata ke Sumatera Utara dan Sumatera Barat dari Riau dengan menggunakan bus. Begitu juga wisata domestik sekarang bearlih ke wisata negara tetangga," kata Dede.

Pihak ASITA Riau meminta Menpar Aried Yahya untuk membantu mencarikan solusi akan mahalnya tiket tersebut. Sejauh ini Menpar belum memberikan pernyataan apapun terkait hal itu.  Padahal, sebelumnya pemerintah melalui Kemenpar mencanangkan terget kunjungan Wisatawan Nusantara hingga 250 juta di tahun 2019. 

"Sejak harga tiket pesawat mahal, belum ada pernyataan dari Menpar Arief Yahya. Ini yang sangat kami sayangkan," kata Dede.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...