Health

Tempat ini Favorit Nyamuk DBD Untuk Berkembang Biak

Nyamuk Aedes Aegypti

JAKARTA - Nyamuk Aedes Aegypti atau nyamuk deman berdarah (DBD) dikenal sebagai jenis nyamuk yang pandai dan menyukai tempat yang bersih.

Dituturkan Prof. dr. Saleha Sungkar, DAP&E, MS, SpPark, nyamuk DBD akan lebih memilih tinggal di kubangan air yang bersih dan terlindung dari sinar matahari langsung.

"Karena tinggal di air jernih, nyamuk DBD tidak akan ditemukan di air genangan kotor seperti got atau comberan," kata Saleha saat berbicara dalam acara 'Deman Berdarah yang Tak Kunjung Musnah' di FKUI, Jakarta Pusat, Kemarin.

Nyamuk DBD juga biasa bertelur di area dinding wadah air. Jadi kata Saleha, yang diperlukan nyamuk DBD untuk berkembang biak adalah area dinding tepat di atas air bersih yang menggenang.

"Artinya nyamuk DBD tidak bisa berletur di sungai atau genangan air tanah. Dia butuh kontainer seperti area kering di botol, baskom, ember atau bak mandi," tambahnya.

Lalu, dinding seperti apa yang disukai oleh nyamuk DBD untuk berkembang biak? Dinding yang disukai nyamuk DBD adalah dinding yang bertekstur kasar, menyerap air dan berwarna gelap seperti gentong yang terbuat dari tanah atau semen.

"Telur nyamuk DBD akan kering dan dapat bertahan sampai enam bulan disituah ia berkembangbiak , melekat erat di dinding. Makanya saat akan membersihkan kontainer, dinding harus disikat."



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...