Health

Berlari 15 Menit Bisa Bantu Cegah Depresi

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Berolahraga ternyata tak hanya sehat bagi tubuh saja namun juga dapat menyehatkan jiwamu. Sebagai contoh, berlari mampu meningkatkan kondisi mental yang kamu miliki.

Dilansir dari New York Post, peneliti telah menemukan bahwa olahraga ternyata dapat mencegah depresi. Pada penelitian yang dipublikasikan pada jurnal JAMA Psychology, disebut bahwa mengganti aktivitas tak bergerak dengan bergerak selama 15 menit dapat menurunkan risiko berkembangnya depresi.

Penelitian sebelumnya telah diketahui mengenai hubungan aktivitas fisik dengan kesehatan mental. Namun penelitian ini menjelaskan bahwa aktivitas fisik ini secara khusus dapat menurunkan risiko depresi.

"Tingginya tingkat aktivitas fisik telah dihubungkan dengan turunnya peluang dari depresi berat," jelas penelitian tersebut.

Peneliti meneliti data dari UK Biobank pada data dari sekitar 400 ribu pria dan wanita untuk melihat faktor penyebab spesifik dari depresi dan kecenderungan seseorang berolahraga. Partisipan dengan varian gen tertentu yang memiliki gaya hidup aktif bergerak.

Temuan menarik yang juga didapat dari penelitian ini adalah bahwa tidak ada pengaruh walau seseorang pernah mengalami depresi. Selama seseorang tetap bergerak aktif, maka depresi ini tetap dapat ditekan.

Satu hal yang harus jadi perhatian adalah bahwa olahraga ini harus dilakukan secara intensif dan cukup berat. Pasalnya jika olahraga ini cukup ringan seperti berjalan kaki, perlu waktu hingga satu jam setiap hari untuk timbulkan efek yang sama.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...