Soal Penanganan Sampah

Dihujat di 'Rumah Sendiri', Wako Pekanbaru Justru Dihargai Nasional

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus saat menerima Penghargaan Achievement of Waste Management yang diserahkan oleh Dirjen kementerian lingkungan hidup dan kehutanan RI Bidang Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya, Ibu Rosa Vivien Ratnawati, SH, M

BALI - Kota Pekanbaru sempat menjadi sorotan nasional terkait penanganan sampah. Bahkan sempat viral di media sosial terkait sampah yang menumpuk di Kota berjuluk Pekanbaru Bertuah ini. Namun nyatanya, tahun 2019 ini Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT justru mendapatkan penghargaan sekaligus menjadi narasumber utama dalam seminar nasional yang ditaja Komite Pengusaha UMKM Bersatu Indonesia atau yang disingkat Komitu di Sanur Bali, Sabtu (23/2/2019).

Seminar yang mengangkat tema 'Kiat dan Strategi Menghadapi Armageddon Sampah Indonesia" tersebut, bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, dan juga Kementerian UMKM & Koperasi RI.

"Seminar ini sangat penting sekali, terutama bagi generasi muda atau enterpreneur muda yang harus peduli dengan kebersihan lingkungan khususnya dalam pengelolaan sampah. Ini juga untuk mendukung cita-cita pemerintah pusat dalam mewujudkan pencapaian Negara Indonesia Bersih," ujar Wali Kota.

Dalam seminar tersebut, Wali Kota memberi pencerahan bahwa persoalan penanganan sampah, saat ini tidak zamannya untuk dijadikan menjadi sesuatu yang dipermasalahkan. Pasalnya, penanganan persoalan sampah, khususnya di Kota Pekanbaru, sampah dapat dijadikan sesuatu yang bernilai ekonomis yang memiliki harga jual di tengah masyarakat.

"Dengan kepedulian kita kepada lingkungan dan cinta kita dengan lingkungan, kita dapat menjadikan sampah bukan lagi jadi masalah. Tapi, bagaimana kita dengan pola pikir kita yang baru bahwa sampah juga memiliki nilai ekonomi yang dapat kita kelola dengan baik," tambah Wako.

Sebelum memaparkan materi seminar, Wali Kota Pekanbaru menerima penghargaan Achievement of Waste Management yang diserahkan oleh Dirjen kementerian lingkungan hidup dan kehutanan RI Bidang Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Ibu Rosa Vivien Ratnawati, SH, M.Sc.

Acara ini diresmikan langsung oleh Direktur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Bidang Pengelolaan Sampah Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Rosa Vivien Ratnawati, SH, M.Sc.

Turut tampil dalam seminar tersebut, Staf Ahli Mentri Bidang Hubungan Antar lembaga, Ir Luhur Pradjarto,  dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Bali, I Made Teja.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...