News

Melayani 173 Jenis Perizinan, Wako Pekanbaru akan Perluas Gedung MPP

PEKANBARU - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru yang diresmikan Menteri PANRB, Syafruddin, Rabu (6/3/2019) kemarin, menghadirkan 173 jenis layanan yang merupakan perizinan dari 24 instansi pemerintah pusat maupun daerah. Meski begitu, untuk terus meningkatkan pelayanan, MPP yang saat ini hanya menggunakan satu gedung masih akan diperluas kembali.

Dua bangunan lainnya di sayap kanan dan kiri kantor Walikota Pekanbaru saat ini akan direhab. Untuk tahap awal, gedung yang saat ini ditempati Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang akan direnovasi tahun ini. Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, kemarin. 

"MPP ini hadir untuk pelayanan publik yang efesien dan efektif kepada masyarakat, khususnya masyarkat Pekanbaru dan Riau. Gedung yang saat ini masih belum cukup besar menamping ratusan perizinan dan non perizinan di Kota Pekanbaru. Makanya, kita akan memperbesar fasilitas gedung agar benar-benar menjadi kawasan pelayanan terpadu dan satu pintu. Tahap awal, gedung Bappeda ini akan kita renovasi," terang Firdaus. 

Menurutnya, MPP dapat mengubah pola pikir dari yang sebelumnya ego sektoral menjadi kerjasama dan terintegrasi. Selain itu MPP dapat memberi dampak pada tumbuhnya ekonomi serta menarik investor untuk berinvestasi di Provinsi Riau.

Lebih lanjut Firdaus menyebutkan, bangunan MPP yang diresmikan saat ini merupakan gedung MPP tahap pertama. Pihaknya masih akan menambah dua gedung lagi untuk pelayanan MPP, yang salah satunya nanti akan dipergunakan untuk layanan Disdukcapil. Sedangkan satu bangunan lagi untuk menambah jumlah pelayanan serta kapasitas pengunjung.

“Kita akan terus kembangkan MPP dengan menambah dua gedung yang akan kita renovasi untuk MPP. Satu gedung nanti diperuntukan bagi layanan Disdukcapil, sementara satu gedung lain untuk menambah kapasitas dan jenis layanan, serta memperluas layanan seperti Samsat dan Kejaksaan,” ujarnya.

Menurut Firdaus, perluasan gedung MPP perlu dilakukan mengingat kondisi yang ada saat ini belum bisa menampung 2.000 orang yang akan mengurus perizinan dalam satu hari. Selain ditambah gedung untuk MPP, nantinya juga akan dibuatkan taman publik yang dilengkapi arena bermain anak-anak.

"Lahan seluas satu setengah hektare dan 4 gedung yang ada di kantor Walikota ini akan kami jadikan sebagai pusat pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...