News

Kominfo Pastikan Tutup Facebook Jika Tak Patuh

Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara saat memberikan keterangan pers.

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara tak ragu menutup facebook bila mana facebook terbukti bersalah dan tidak mau memperbaiki kesalahan yang dianggap sangat fatal. 

“Facebook itu isunya ada dua, satu yang berkaitan dengan data kompromise istilahnya begitu ya penggunaan data secara tidak sah dan benar. Bahkan dari data 50 juta menjadi 80 juta,” ujar Rudiantara saat menghadiri acara peluncuran teknologi Blockchain yang digunakan Online Pajak di Jakarta, Jumat (27/4/2018). 

Dia yakin bahwa masalah kompromise data ini belum selesai karena melihat banyaknya pengguna facebook di Indonesia lebih kurang 1,1 juta pengguna yang aktif berselancar didinding facebook setiap waktu. Maka dari itu pemerintah meminta facebook untuk konsentrasi penyelesaian data tersebut. 

“Saya sendiri belum yakin bahwa terus terang ini akhir dari kompromise data ini. Maka itu kami minta untuk audit dan seterunya,”

Rudi khawatir bila facebook tidak secepatnya berbenah terhadap teknologi dan manajemennya nantinya akan menjadi bola panas bagi pemerintah dan juga keutuhan Indonesia. 

Dia melihat kasus seperti di Myanmar untuk kasus Ronhingya, seperti di Sri Lanka yang bisa memperuncing dan mengundang perpecahan antara kelompok tertentu. 

“Mohon maaf seperti kelompok beragama. Dan di Myanmar itu bukan saya yang mengatakan tapi facebook yang mengatakan. Jadi saya tidak akan toleransi untuk ini,” jelas Rudiantara. 

Lebih lanjut dia menegaskan bahwa dia dalam hal ini pemerintah secara tegas akan menutup paksa siapapun yang berani dan tidak patuh terhadap aturan yang berlaku di Indonesia. 

“Sanksi administrasi dari saya terus sanksi kriminalnya dari polisi. Jadi ada masalahnya dua yaitu data kompromise. Namun konsen saya adalah yang satu ini. Saya tidak ada keraguan untuk menutupnya (facebook) kalau memecah-belah bangsa,” tegasnya.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...