Life

Begini Cara Bangun Tidur yang Baik dan Benar

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Tak hanya tidur berkualitas yang penting untuk menjaga kesehatan, posisi tidur dan sisi tidur Anda juga sama pentingnya. Bahkan, jika Anda tidur di posisi yang salah, Anda akan bangun dengan leher, punggung, dan tubuh yang sakit.

Ayurveda dan ilmu pengetahuan modern, keduanya menekankan kebaikan bangun dari sisi kanan tempat tidur. Sistem kepercayaan Ayurveda mengklaim bahwa tubuh memiliki Surya Nadi di sisi kanan tubuh. Jadi, ketika Anda bangun dari sisi kanan, bisa meningkatkan sistem pencernaan.

Di sisi lain, ilmu pengetahuan mendukung keyakinan bahwa tubuh kita memiliki dua medan magnet di sekelilingnya; satu dari kepala menuju kaki, dan satu lagi dari arah berlawanan. Jadi, ketika Anda bangun dari sisi kanan, Anda akan menguatkan medan magnet kedua tubuh Anda, yang kemudian meningkatkan aliran energi di tubuh.

Dikutip dari laman Times of India, ada banyak teori lain yang berkembang yang mendukung ide bangun tidur dari sisi kanan. Menurut teori-teori tersebut, saat Anda bangun dari sisi kanan, Anda sebenarnya memulai hari Anda dengan kedamaian dan berpeluang memiliki hari yang bebas stres.

Selain bangun tidur dari sisi kanan, penting juga bagi Anda bangun tidur tanpa mencederai punggung atau bagian tubuh lainnya. Berikut ini langkah yang harus Anda lakukan untuk menghindarinya.

1. Jangan bangun terburu-buru
Selalu ambil waktu sebelum bangun dari tempat tidur dan lakukan sedikit peregangan sebelum meninggalkan tempat tidur Anda.

2. Selalu gunakan tangan untuk bangun
Saat bangun dari tempat tidur, gunakan kedua tangan Anda untuk mendorong tubuh ke posisi duduk. Langkah ini akan mencegah tekanan tidak diinginkan pada leher dan punggung.

3. Relaks sebelum bangun
Setelah terduduk di tempat tidur, luangkan waktu sejenak dan beristirahatlah. Jangan langsung berdiri.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...