Life

Wah! Ternyata Ciuman ada yang Menyehatkan

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Kamu pasti memiliki pasangan mungkin pernah atau sering berciuman. Di samping semakin mendekatkan hubungan satu sama lain dan memperkuat ikatan cinta, ternyata ciuman juga memiliki beberapa manfaat lain bagi kesehatan tubuh kita lho! Pasti nggak percaya kan?

Mungkin aneh jika terdengar, dikutip dari Health Line, beberapa manfaat kesehatan setelah berciuman sebagai berikut. 

1. Meningkatkan hormon bahagia 
Berciuman memicu otak untuk melepaskan senyawa kimia yang membuat kamu merasa sangat nyaman dengan menyalakan pusat-pusat kesenangan di otak.

Loading...

Zat kimia ini termasuk oksitosin, dopamin, dan serotonin, yang dapat membuat kamu merasa gembira dan mendorong perasaan kasih sayang dan ikatan. Ini juga menurunkan kadar kortisol (hormon stres) kamu lho. 

2. Memperkuat ikatan 
Entah itu mencium bayi atau kekasih, ciuman memberikan sensasi keintiman yang mampu memperkuat ikatan batin antara dua orang. Karena ketika berciuman, oksitosin yang merupakan hormon cinta dihasilkan oleh tubuh.

Oksitosin adalah bahan kimia yang terkait dengan ikatan pasangan. Aliran oksitosin yang dilepaskan saat kamu berciuman menyebabkan perasaan kasih sayang, mencium pasangan kamu dapat meningkatkan kepuasan hubungan dan mungkin sangat penting dalam hubungan jangka panjang.

3. Ini juga mengurangi stres
Berbicara tentang kortisol, berciuman juga menurunkan kadar kortisol dan stres lho detikers. Berciuman dan komunikasi penuh kasih sayang lainnya, seperti memeluk dan mengatakan "Aku mencintaimu," berdampak pada proses fisiologis yang berkaitan dengan manajemen stres.

4. Mengusir emosi negatif 
Berciuman bibir dapat menghadirkan sensasi fisik yang bisa mendorong otak kamu meningkatkan dopamin, yaitu sebuah neurotransmitter yang berhubungan dengan kesenangan. Pada saat yang sama, bagian otak lainnya mematikan emosi negatif.

Ketika dua bibir bertemu juga memungkinkan untuk mendorong kelenjar pituitari kamu dan pasangan untuk melepaskan oksitosin sehingga kamu berdua membentuk ikatan emosional. Selepas berciuman, tubuh kita juga melepaskan hormon endorfin, sebuah hormon yang sama-sama membuat kita bahagia.

5. Lebih bahagia
Manfaat ciuman untuk kesehatan mental tak perlu dipertanyaan lagi. Ciuman jenis apapun bisa mengurangi rasa tegang dan membuat kamu jadi lebih bahagia. Pasangan yang sering berciuman, lebih mungkin memiliki hubungan yang panjang dan lebih memuaskan, whaaaa!

6. Mengurangi kecemasan
Manajemen stres mencakup seberapa baik kamu menangani stres dan kecemasan. Tidak ada yang seperti ciuman dan kasih sayang untuk membantu menenangkan diri kamu. Oksitosin mengurangi kecemasan dan meningkatkan relaksasi dan kesehatan.

7. Dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Ciuman bibir membantu pasangan untuk berbagi berjuta-juta bakteri, menopang sistem kekebalan tubuh, dan membuat kita lebih baik melawan penyakit, kata para ahli dan penulis buku tersebut dikutip DailyMail.

Berciuman selama 10 detik, ada sekitar 80 juta bakteri yang ditransfer dari mulut ke mulut. Beberapa orang mungkin berpikir ini sedikit jorok, tapi faktanya, kamu akan lebih mudah sakit lewat kontak yang tidak intim, seperti bersalaman dengan orang lain, kata para ahli.

Bertukar ludah dapat meningkatkan kekebalan dengan memaparkan kuman baru yang memperkuat sistem kekebalan tubuh kamu. Satu studi 2014 menemukan bahwa pasangan yang berciuman sering berbagi mikrobiota yang sama dalam air liur dan lidah mereka.

8. Mengurangi respons alergi
Berciuman telah terbukti memberikan bantuan yang signifikan dari gatal-gatal dan tanda-tanda reaksi alergi lainnya yang terkait dengan serbuk sari dan debu rumah tangga. Stres juga memperburuk reaksi alergi, jadi efek berciuman pada stres juga dapat mengurangi respons alergi seperti itu.

Tapi ingat ya kawan, hanya yang memiliki pasangan resmi yang boleh lakukan ciuman ini, yang lain tetap haram!



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...