Life

Melakukan Pekerjaan Rumah Bisa Normalkan Gula Darah, Cobalah!

Ilustrasi.(sumber;internet)

JAKARTA - Jika ditunjang dengan kondisi tubuh yang tidak sehat seperti obesitas atau faktor genetik, maka risiko terkena diabetes sangat besar. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena ada cara mudah untuk menurunkan risiko terkena diabetes yang mungkin tidak tersirat di pikiran, yaitu membereskan rumah.

Memang terdengar sepele, tapi aktivitas yang satu ini sama bagusnya dengan berolahraga. Bahkan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci baju selama 30 menit saja sudah bisa membakar 111 kalori. Kegiatan lain yang sering dilakukan adalah memasak.

Selain menyajikan hidangan untuk keluarga, bila dilakukan selama 30 menit, ternyata memasak bisa membakar 79 kalori. Bila dilakukan selama 3 jam, maka bisa membakar 450 kalori. Berikut beberapa pekerjaan rumah tangga lain yang efektif menurunkan risiko diabetes beserta jumlah kalori yang akan terbuang.

Seperti membersihkan debu pada perabotan selama 30 menit, bisa membakar 74 kalori, menyapu rumah selama 30 menit, bisa membakar 79 kalori, menyetrika pakaian selama 30 menit, bisa membakar 72 kalori dan mengepel selama 30 menit, bisa membakar 142 kalori. Belanja ke pasar selama 45 menit juga bisa membakar 113 kalori, merapikan rumput menggunakan mesin pemotong rumput selama 30 menit, bisa membakar 174 kalori dan mencuci atau mengelap mobil selama 1 jam, bisa membakar 300 kalori. 

Meski Anda tidak pernah merasakan gejala diabetes, tapi bisa saja penyakit ini sudah menyerang tubuh Anda. Menurut American Diabetes Association, bahkan penderita diabetes tipe 2 pun seringkali tidak mengalami gejala diabetes.

Membuat tubuh lebih aktif bukan hanya menurunkan resiko diabetes. Tapi juga bisa meningkatkan kesehatan Anda. Bahkan jika Anda sering membuat tubuh bergerak, maka kelangsungan hidup akan lebih lama. Merapikan rumah dan seisinya tidak hanya membuat kediaman makin nyaman saja, tapi juga memberi khasiat sehat untuk tubuh.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...