News

Jelang Demo Besar Palestina di Gaza, Israel Kerahkan Tank-tank Militer

Ilustrasi. (sumber;internet)

GAZA - Militer Israel mengerahkan tank-tank militer ke dekat pagar yang memisahkan antara wilayah-wilayah pendudukan dan Jalur Gaza. Ini dilakukan menjelang peringatan satu tahun aksi-aksi demo warga Palestina yang diberi nama "Pawai Akbar Kepulangan" atau "Great March of Return".

Seperti dilansir media Press TV, Sabtu (30/3/2019), pengerahan tentara dan kendaraan-kendaraan militer Israel itu dilakukan pada Jumat (29/3) pagi waktu setempat, seiring warga Gaza akan menggelar aksi demo besar-besaran pada Sabtu (30/3/2019) ini untuk memperingati satu tahun aksi protes "Pawai Akbar Kepulangan". 

Selama berlangsung satu tahun ini, lebih dari 260 warga Palestina telah tewas dalam aksi-aksi demo tersebut. Mereka sebagian besar tewas akibat tembakan pasukan Israel saat bentrokan dalam aksi-aksi demo itu. 

Pada Kamis (28/3/2019) waktu setempat, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengancam bahwa Israel akan melakukan operasi militer luas di Gaza jika diperlukan. Ancaman itu dilontarkannya setelah memanasnya situasi di perbatasan Gaza yang diwarnai dengan serangan--serangan udara Israel dan serangan roket dari Gaza ke wilayah Israel. 

Kementerian Kesehatan Gaza menyatakan, selain ratusan warga Palestina yang tewas, setidaknya 26 ribu warga Palestina juga terluka dalam aksi-aksi protes sejak tahun lalu itu. 

Pawai Akbar Kepulangan dimulai pada 30 Maret 2018, untuk mengenang pembunuhan enam pengunjuk rasa oleh aparat keamanan Israel pada saat protes penyitaan tanah pada tahun 1976 lalu. Dalam aksi tersebut, warga Palestina menuntut hak mereka untuk kembali ke kampung halaman mereka setelah pada tahun 1948 sekitar 700.000 warga Palestina diusir atau mengungsi akibat perang yang mendorong berdirinya negara Israel.

Warga Palestina telah lama menuntut hak mereka untuk dapat kembali, tetapi pemerintah Israel menyatakan orang-orang Palestina seharusnya menetap di wilayah yang kelak menjadi negara Palestina, yaitu di Gaza dan Tepi Barat.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...