News

Wawako Pekanbaru Sebut 2 Karakter Siswa ini Ditakui Jepang

PEKANBARU - Negara Jepang terkenal dengan pendidikan yang disiplin dan inovasi-nya. Meski begitu, ternyata ada dua karakter siswa Indonesia yang jika ditanamkan sejak dini justru ditakuti negara sakura tersebut. Apa saja?
 
"Ada dua karakter penting Bapak/Ibu sekalian yang harus kita tanamkan kepada anak sejak dini. Pertama karakter moral, dan karakter kinerja," ujar Wakil Walikota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi didepan siswa, orang tua dan guru di Pekanbaru dalam dialog bertema 'Peran Guru dan Orangtua Dalam Meningkatkan Kemampuan dan Prestasi Siswa', Senin (1/4/2019).
 
Wawako yang menjadi narasumber pada dialog yang digelar SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru ini menjabarkan 2 karatkter tersebut. Disebutnya, moral terdiri dari beberapa contoh, seperti penanaman sifat jujur, amanah, dan sifat yang sangat diperlukan dalam membentuk moral anak.
 
"Nah, kalau karakter yang pertama ini caranya bisa dilakukan dengan sering mengajak anak kemesjid, lembaga pengajian sehingga ini benar-benar tertanam yang diberikan oleh Allah SWT," jelasnya.
 
Kemudian karakter kinerja disebutnya adalah bagaimana menanamkan sifat disiplin, rajin dan sebagainya.
 
"Karakter kinerja ini penting juga. Kalau kita bercontoh ke Jepang, orangtua di Jepang itu tak khawatir kalau nilai matematika anaknya jeblok. Orangtuanya mungkin cukup mendatangkan guru bimbelnya kerumah, dan ini masih bisa diatasi. Tapi kalau sudah disiplinnya yang bermasalah, maka orangtua jadi bingung, karena gurunya tidak ada. Contoh seperti buang sampah sembarangan, yang ada di Jepang orangtua bakal kebakaran jenggot," ungkap Wawako.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...